Jumat, 13 Apr 2018 07:08 WIB

Mikir Melulu Sampai Botak, Nggak Masalah! Malah Baik untuk Otak

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Penurunan fungsi otak bisa menyebabkan pikun atau demensia. Nggak mau kan mengalami pikun saat kamu tua nanti? Ternyata salah satu kuncinya adalah mikir.

Salah satu fungsi otak adalah untuk berpikir, dengan berpikir terus-menerus bisa membantu memperlambat penurunan fungsi kognitif yang menyebabkan pikun.

"Otak kita jangan pernah diistirahatkan, pakai terus untuk mikir. Baca, belajar hal-hal yang baru," ujar dokter spesialis saraf dari Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya, dr Gea Pandhita, MKes, SpS di Restoran Asiatale, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2018).


Dengan bekerjanya otak, maka akan membuatnya semakin sehat dengan memberi stimulus-stimulus. Fungsi kognitif yang meliputi pemusatan perhatian, daya ingat, orientasi, bahasa, pemahaman dan fungsi eksekutif akan terlatih dengan baik sehingga proses degeneratif pun melambat.

"Bayangkan otak seperti pohon, semakin banyak cabangnya maka semakin banyak daunnya," tambah dr Gea.

Selain berpikir, olahraga juga bisa memperlambat penurunan fungsi kognitif otak. Karena di ketika olahraga, protein utama yang memelihara sel neuron di otak yaitu BDNF (Brain Derived Neurotrophic Factor) semakin meningkat. Maka otak juga akan semakin sehat.

(wdw/up)