Jumat, 13 Apr 2018 11:47 WIB

Selain Olahraga, 6 Kebiasaan Mudah Ini Bisa Bikin Berat Badan Turun

Widiya Wiyanti - detikHealth
Mengencangkan ikat pinggang adalah kebiasaan yang bisa bantu turunkan berat badan. Foto: ilustrasi/thinkstock Mengencangkan ikat pinggang adalah kebiasaan yang bisa bantu turunkan berat badan. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Lagi dan lagi, berat badan menjadi suatu masalah yang untuk sebagian orang tidak pernah selesai. Diet ini dan itu, nge-gym dengan biaya mahal pun sudah dilakukan, namun hasilnya sama saja.

Padahal ada beberapa kebiasaan mudah yang bisa membantumu menurunkan berat badan. Enam kebiasaan ini mungkin selalu kita abaikan, namun jika dilakukan dengan rutin bisa menghasilkan manfaat luar biasa.

1. Kencangkan ikat pinggang

Ini lah fungsinya kita menggunakan belt atau ikat pinggang. Sebelum makan, kencangkan lah ikatannya. Ketika kamu mulai merasa ikatannya terlalu kencang, itu berarti waktunya kamu untuk berhenti makan. Hal seperti ini yang membantumu untuk tidak terlalu banyak makan.


2. Minum pakai gelas yang panjang

Bukan hanya dari makanan, kita mendapatkan sejumlah kalori juga dari minuman. Misalnya satu gelas jus mengandung 120 kalori dan 20 gram gula. Jumlah ini bisa kita turunkan dengan menggunakan gelas yang benar. Pilihlah gelas yang lebih panjang dan ramping ketimbang gelas pendek tapi lebar, karena bisa mengurangi asupan kalori 20-30 persen.

3. Makan dengan waktu

Siapa yang suka makan dengan terburu-buru? Ternyata dengan terburu-buru, kamu bisa kebanyakan makan karena otak tidak punya waktu yang cukup untuk menangkap sinyal kenyang. Maka sebaiknya atur timer saat makan, biasakan sekitar 20 menit dan makan lah dengan perlahan.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat bukan hanya membuatmu merasa rileks, menurut penelitian dari Universitas Loughborough juga bisa menurunkan berat badan. Peneliti menemukan bahwa dengan mandi air hangat selama satu jam bisa membakar 130 kalori. Itu sama saja dengan berjalan selama 30 menit. Dan dengan mandi air hangat ternyata juga bisa menurunkan 10 persen kadar gula darah.

5. Letakkan semangkuk buah dan sayur di meja

Semakin sering kamu melihat makanan sehat, maka dirimu akan memprogram untuk selalu makan makanan sehat juga secara sendirinya. Ini akan sangat membantu program dietmu.

6. Potong makanan jadi lebih kecil

Ini semacam sebuah trik untuk otak, ketika melihat makanan lebih sedikit maka memengaruhi untuk makan tidak berlebihan. Atau bisa juga menggunakan piring yang lebih kecil dari biasanya.




(wdw/fds)
News Feed