Rabu, 18 Apr 2018 14:32 WIB

Updated

Libur Lebaran Jadi 10 Hari, Apa Kabar Berat Badan?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Libur lebaran yang makin panjang, waspadai berat badan melonjak. Foto: Thinkstock
Jakarta - Pemerintah telah memutuskan untuk menambah cuti bersama pada Lebaran 2018 nanti. Total akan ada 9 hari libur selama lebaran, dari 11 Juni hingga 20 Juni 2018.

Seperti yang sudah-sudah, libur lebaran selalu diwarnai dengan berbagai sajian makan enak untuk merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Biasanya, sajian yang menggugah selera sudah disiapkan.


Meski sudah memasak makanan tersebut di rumah, seringkali keadaan memaksa kita untuk makan lagi ketika berkunjung silaturahmi ke rumah tetangga dan kerabat.

Sehingga, naiknya berat badan sudah jadi momok tersendiri saat lebaran. Ditambah lagi, budaya silaturahmi dan liburan juga bisa membuat kita enggan untuk menginjakkan kaki ke gym atau sekedar berolahraga simpel.

Lalu bagaimana dong kalau libur lebarannya semakin panjang?

Agar berat badan tidak kebablasan, coba atasi rasa 'lapar mata' ketika kamu menghadapi sederet makanan enak tersebut. Makan boleh, tapi jangan sampai berlebihan atau kekenyangan.

"Pada saat berkunjung jangan lapar mata karena camilan yang disajikan di meja tamu. Porsi makan pun harus dibatasi dan harus ada niat dalam hati untuk mempertahankan berat badan yang sudah turun saat puasa," ujar pakar gizi dr Titi Sekarindah, MS, SpGK dari RS Pertamina ketika dihubungi detikHealth beberapa waktu lalu.

Saat silaturahmi juga bisa kamu jadikan pengalihan kalau kamu mager olahraga. Banyak bergerak, bersalaman, berjalan-jalan, atau bahkan tertawa bersama sanak saudara bisa membuatmu setidaknya terhindar dari pola hidup sedenter yang juga bisa bikin gemuk.

Tambahan libur lebaran disampaikan baru-baru ini oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur. Menurutnya, pemerintah telah mengkaji tambahan dua hari libur libur lebaran tahun ini.

"Jadi tambahan itu dua hari setelah Lebaran, nah dua hari setelah Lebaran ditambah (liburnya)," kata Asman saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (18/4/2018), seperti dikutip dari detikNews.

Jadi, sudah siap jaga berat badan saat libur lebaranmu makin panjang?

(Frieda Isyana Putri/up)