ADVERTISEMENT

Selasa, 24 Apr 2018 12:44 WIB

Diet Ketat Sebabkan Rambut Rontok? Ini Kata Pakar

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Kamu sedang menjalani diet, dan saat berat badanmu berhasil turun kamu menyadari bahwa rambutmu ikut-ikutan rontok. Jangan panik dulu, beberapa pakar menyebutkan hal ini merupakan hal yang lumrah terjadi.

Ken L. Williams Jr, D.O., spesialis pemulihan rambut dan dokter bedah menyebutkan bahwa rambut rontok ketika berat badanmu sedang turun adalah hal yang normal.

"Kami tahu, secara klinis, memang rambut rontok dikaitkan dengan penurunan berat badan secara cepat atau penurunan berat badan yang terkait dengan stres," terang dr Williams, seperti dikutip dari Women's Health.


Hal yang sama juga diutarakan oleh Fatima Cody Stanford, MD, MPH, dokter spesialis pengobatan obesitas di Massachusetts General Hospital.

"Semuanya itu tergantung dari nutrisinya. Ketika tubuhmu tidak mendapat protein yang cukup, ia harus memutuskan ke mana saja protein tersebut akan di kirimkan. Karena rambutmu tidak terlalu penting untuk bertahan hidup, jadinya ia mendapat sisa yang bisa membuat rambutmu rontok," jelasnya.

Namun hal ini hanya sementara, tidak serta-merta rambutmu akan terus-terusan rontok saat berat badanmu turun. Ketika kamu sudah cukup berdiet, rambut rontok juga tidak akan terjadi lagi.


dr Stanford menyarankan jika ingin menurunkan berat badan dan sekaligus meminimalisir kemungkinan terjadinya rambut rontok, maka kamu harus memerhatikan berapa banyak protein yang kamu asup tiap harinya. Rata-rata asupan protein harian yang disarankan adalah 46 gram.

"Ide yang bagus juga untuk menambah sedikit zat besi dalam makananmu, karena zat besi merupakan mineral penting yang dapat menumbuhkan rambut, dan juga kulit serta kuku," tambah dr Stanfors.

Zat besi bisa kamu dapatkan melalui makanan berikut:

1. Sayuran seperti brokoli dan bayam
2. Buah-buahan seperti alpukat dan buah tin/buah ara
3. Protein hewani seperti telur dan daging sapi tanpa lemak
4. Suplemen kesehatan yang mengandung zat besi

Atau jika rambutmu masih tetap rontok meski kamu sudah menjaga asupan proteinmu, dr Williams juga menyarankan untuk mengonsumsi suplemen biotin atau bisa juga vitamin pra-kehamilan bagi perempuan.

Kedua suplemen tersebut mengandung ekstra vitamin bagi tubuhmu. Namun perlu diingat, rontok rambut ini bukanlah hal yang permanen yang perlu kamu takutkan!

(Frieda Isyana Putri/mrs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT