Senin, 30 Apr 2018 11:49 WIB

Belajar dari Via Vallen, Ini Risikonya Headphone Dipakai Bergantian

Widiya Wiyanti - detikHealth
Via Vallen lapisi headphone dengan tisu karena dipakai banyak orang. Foto: Noel/detikHOT Via Vallen lapisi headphone dengan tisu karena dipakai banyak orang. Foto: Noel/detikHOT
Jakarta - Pedangdut yang terkenal dengan lagunya 'Sayang', Via Vallen menuai komentar dari para netizen Indonesia. Pasalnya, saat menggunakan headphone ia melapisinya dengan tisu.

Ia menyebutkan bahwa aksinya dikarenakan headphone itu dipakai banyak orang sehingga bisa kotor. Dan demi kenyamanan, ia melapisi dengan tisu.

Apa risiko menggunakan headphone secara bergantian dengan orang lain? Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), dr Budianto Komari, SpTHT mengatakan kebiasaan itu bisa berisiko terjadinya penularan kuman, jamur, atau bakteri.

"Kalau teman ada infeksi atau jamur di telinga kan bisa tertular. Nggak bisa dipastikan kan kalau nggak ada kuman di telinganya. Kalau ada jamur ya bisa jadi jamuran juga," ujarnya saat dihubungi detikHealth, Senin (30/4/2018).


dr Budianto menyebutkan bahwa risiko besar tertular terjadi saat menggunakan earphone secara bergantian, karena ada bagian yang masuk ke lubang telinga. Sedangkan pada headphone, risikonya tidak sebesar earphone karena hanya sampai daun telinga.

"Headphone risikonya lebih kecil, tapi iya (bisa tertular)," tambah dokter dari KSMF THT RS Kanker Dharmais itu.

Dengan melapisi headphone dengan tisu, seperti dilakukan Via Vallen, kata dr Budianto bisa meminimalisir terjadinya penularan kuman, jamur, ataupun bakteri.

(wdw/up)
News Feed