Senin, 30 Apr 2018 16:45 WIB

Alasan Dokter Kenapa Kaki Bocah Ini Dipasang Terbalik

Firdaus Anwar - detikHealth
Kaki Amelia dipasang terbalik oleh dokter. (Foto: BBC)
Jakarta - Ketika Amelia Eldred (7) dari Inggris harus diamputasi karena mengidap kanker tulang, dokter melakukan operasi yang tidak biasa. Bagian tengah dari kakinya di potong, kemudian bagian bawahnya dipasang kembali namun dengan kondisi terbalik.

Hasilnya satu kaki Amelia hanya memiliki tinggi setengah dari normal dan menghadap ke belakang badan. Dokter menyebutnya sebagai teknik rotationplasty dengan tujuan mempertahankan fungsi kaki lebih baik daripada amputasi utuh.

"Rasanya tidak terlalu berbeda. Cuma memang berbeda ketika saya harus bergerak karena posisinya terbalik, ketika saya ingin menggerakkan kaki naik-turun atau kiri-kanan malah jadi sebaliknya," ujar Amelia seperti dikutip dari BBC, Senin (30/4/2018).

Menurut Dana-Farber/Boston Children's and Blood Disorders Center kaki sengaja di balik agar bisa berfungsi sebagai persendian lutut. Dengan demikian Amelia bisa memakai kaki palsu dengan pergerakan yang lebih baik.

"Ini adalah contoh prosedur alternatif untuk membuat kaki bisa sefungsional mungkin dengan kaki palsu modern," ujar dr Joel Mayerson dari Ohio State University Comprehensive Cancer Center.

Dengan kaki yang terbalik kelak Amelia bisa seperti anak-anak lainnya menjalani gaya hidup aktif.
(fds/up)