Rabu, 02 Mei 2018 08:15 WIB

Kanker Mata Langka Menyerang Puluhan Orang di AS Secara Misterius

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ocular melanoma menyerang 6 dari 1 juta orang tiap tahun (Foto: thinkstock) Ocular melanoma menyerang 6 dari 1 juta orang tiap tahun (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kanker mata yang terbilang langka, ocular melanoma, menyerang puluhan orang di Amerika Serikat. Sedikitnya 18 orang di North Carolina, dan lebih dari 30 orang di Auburn, Alabama.

Kondisi ini, menurut CBS menyerang hanya 6 dari 1 juta orang tiap tahunnya. Temuan ini mengejutkan, terlebih sebagian di antaranya berasal dari satu kampus yang sama yakni Auburn University.

"Ok, gadis-gadis ini ada di lokasi, mereka semua jelas didiagnosis dengan kanker yang sangat langka ini. Apa yang terjadi?" kata Dr Marlana Orloff, ahli mata dari Thomas Jefferson University's Sidney Kimmel Cancer Center (SKCC) di Philadelphia, dikutip dari CBS News.

Para dokter belum bisa menjawab pertanyaan tersebut, namun mereka mengatakan lingkungan bisa menjadi salah satu faktor.



Ocular melanoma merupakan kanker yang menyerang sel-sel di mata yang memproduksi pigmen melanin. Kanker ini bermula dari lapisan tengah mata yang disebut uvea.

Dikutip dari Livescience, penyebab pasti kanker ini tidak diketahui. Namun faktor risiko yang dikenal antara lain meliputi paparan sinar matahari, paparan tanning bed berkepanjangan, warna mata yang cerah, usia lanjut, beberapa kondisi bawaan pada kulit, serta adanya tahi lalat di mata.

(up/up)