Selasa, 08 Mei 2018 19:20 WIB

Bukan Cuma Sakit! Ini Dampak Bercinta Saat Miss V Kering

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Halaman 1 dari 4
Ketika melakukan hubungan seks, masih banyak masyarakat yang berpikiran adalah wajar jika wanita merasakan kesakitan. Padahal dampaknya bisa lebih dari itu. Foto: Thinkstock Ketika melakukan hubungan seks, masih banyak masyarakat yang berpikiran adalah wajar jika wanita merasakan kesakitan. Padahal dampaknya bisa lebih dari itu. Foto: Thinkstock
Jakarta - Kebanyakan orang masih beranggapan bahwa rasa sakit yang dialami wanita ketika sedang berhubungan seks adalah hal yang wajar. Tapi ternyata, rasa sakit saat berhubungan bisa berdampak buruk bagi kesehatan wanita itu sendiri.

Rasa sakit dari perempuan bisa muncul karena banyak hal, namun salah hal yang paling sering jadi masalah karena kurangnya lubrikan saat melakukan penetrasi.

Budi Wahyuni, Wakil Ketua Komisi Nasional Perempuan, bahkan secara terang-terangan menyebut rasa sakit pada saat berhubungan seks karena kurangnya lubrikasi tanpa sadar adalah bentuk suatu kekerasan pada wanita.

"Perempuan 'menderita', perempuan berkorban, perempuan sabar, dalam hal ini tidak protes adanya kondisi ini, itu bagian dari yang terus dipertahankan karena takut suami kecewa. Perempuan mungkin tidak ada rasa sakit atau keluhan, tetapi ada bukti adanya HIV di kalangan ibu rumah tangga," ungkap Budi Wahyuni kepada detikHealth.

Lantas, seperti apa tanggapan dokter mengenai masalah rasa sakit saat bercinta karena kurangnya lubrikan? Berikut ini adalah dampak-dampak yang dapat terjadi karena masalah tersebut menurut dr Muhammad Nurhadi Rahman, SpOG, Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM.


(ask/up)
News Feed