Rabu, 09 Mei 2018 09:20 WIB

Momen HIV Terekam Menginfeksi Sel Saat Bercinta

Firdaus Anwar - detikHealth
Apa yang tampak seperti serpihan hijau di bagian atas adalah partikel virus yang keluar dari sel. (Foto: Cell Reports) Apa yang tampak seperti serpihan hijau di bagian atas adalah partikel virus yang keluar dari sel. (Foto: Cell Reports)
Jakarta - Secara umum banyak orang sudah tahu bahwa human immunodeficiency virus (HIV) dapat menular melalui hubungan seks. Namun bagaimana spesifiknya virus dapat berpindah dari cairan kelamin, membran, hingga bisa sampai sistem imun masih belum diketahui.

Terkait hal tersebut para peneliti di Prancis dalam penelitian terbaru berhasil merekam jelas bagaimana HIV bergerak. Para peneliti melakukannya dengan membuat model jaringan organ kelamin lengkap dengan cairan dan sistem imun.



"Kita sudah punya ide global bagaimana HIV menginfeksi jaringan, tapi melihatnya secara langsung terasa sungguh berbeda. Proses kejadian bisa diurutkan secara detail dan kami sangat terkejut," ungkap Morgane Bomsel dari Paris Descartes University dikutip Rabu (9/5/2018).

Dalam video tampak sistem imun, bernama sel T, yang sudah terinfeksi HIV berwarna hijau terang karena diberi protein perwarna. Ketika sel T tersebut berkontak dengan sel epitel di kelamin, terbentuk semacam sinaps yang membuat partikel virus dapat berpindah. Sekilas mungkin tampak seperti tembakan laser.

Nah ketika HIV sudah ada di sel epitel ia akan diam dan tidak menginfeksi apa-apa. Sampai pada akhirnya datang sel sistem imun lain bernama makrofaga yang memang jadi incaran utama virus.

"Saat HIV sudah menginfeksi makrofaga dan berkembang, akan sangat sulit untuk memusnahkannya," kata peneliti dalam laporan di jurnal Cell Reports.

Baca juga: 5 Fakta Soal HIV




Simak juga video "Memperingati Hari AIDS Sedunia, Tes HIV Itu Mudah Lho":

(fds/up)
News Feed