Rabu, 09 Mei 2018 15:17 WIB

Pasien Diabetes Ingin Coba Es Kepal? Baca Dulu Anjuran Dokter

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pasien diabetes tidak disarankan mengonsumsi es kepal. Foto: Dok. detikFood Pasien diabetes tidak disarankan mengonsumsi es kepal. Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Di cuaca panas terik seperti ini pasti enak sekali jika mencicipi makanan atau minuman yang segar-segar. Apalagi kalau melihat manisnya es kepal, tanpa pikir panjang pasti langsung diserbu.

Eits, tunggu dulu. Ada saran khusus dari dokter dr Wismandari Wisnu, SpPD, K-EMD, FINASIM dari Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) bagi kalian pengidap diabetes.

"Kalau pasiennya diabetes sudah sangat tidak kita sarankan untuk minum atau makan itu, karena kandungan gulanya tinggi sekali," anjurnya saat ditemui di Hotel Ibis Senen, Jakarta Pusat, Rabu (9/5/2018).

Dengan berbagai varian rasa, kandungan gula pada makanan yang viral di media sosial ini sangat tinggi. Apalagi ditambah dengan susu kental manis dan berbagai bahan coklat lainnya.


Dokter yang akrab disapa Wisma ini mengatakan bahwa batas maksimum seseorang mengonsumsi gula adalah delapan sendok teh dalam sehari. Artinya, pasien diabetes disarankan untuk mengonsumsi gula di bawah takaran tersebut.

"Pasien diabetes itu semua makanannya harus ditakar, apalagi gulanya," tegas dr Wisma.

dr Wisma juga menyebutkan bahwa pada orang sehat, mengonsumsi es kepal diperbolehkan asal tidak dalam waktu yang sering dan porsi yang berlebihan agar tidak memicu munculnya diabetes.


(wdw/up)
News Feed