Jumat, 11 Mei 2018 14:05 WIB

Resep Mahathir Mohamad Tetap Bugar dan Awet Muda di Usia 92 Tahun

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Meski sudah berusia lanjut, Mahathir Mohamad tampak segar. Foto: BBC World Meski sudah berusia lanjut, Mahathir Mohamad tampak segar. Foto: BBC World
Jakarta - Mahathir Mohamad memenangkan pemilu Malaysia dan terpilih kembali menjadi Perdana Menteri di usia 92 tahun. Meski sudah berusia lanjut, Mahathir masih terlihat segar dan bugar.

"Ada dua tipe penuaan. Pertama adalah bertambahnya umur dan kedua dampaknya pada tubuh. Untuk kesehatan saya, saya belum pikun," ungkapnya kepada massa pendukung, dalam perayaan kemenangan Mahathir, dikutip dari BBC.


Kemenangan Mahathir menjadi fenomenal karena ia merupakan calon pemimpin negara paling tua di dunia. Tak sedikit pula yang meragukan apakah Mahathir mampu menjalankan perannya secara maksimal karena usianya yang sudah lanjut.

Namun dalam wawancara dengan Strait Times tahun lalu, Mahathir mengaku sangat menjaga kesehatan. Pertama, ia selalu menjaga berat badannya berada di kisaran 62-64 kg dalam tiga puluh tahun terakhir.

Hal ini berdasarkan suatu studi pada monyet yang dibacanya. Dalam studi tersebut, monyet yang diberikan makanan rendah kalori memiliki umur yang lebih panjang.

"Saya tidak sepenuhnya sehat. Saya memiliki masalah jantung dan pneumonia pada suatu waktu. Saya juga pernah mengalami batuk parah ketika paru-paru terinfeksi," ungkapnya.

Selain itu, Mahathir juga tidak merokok, minum alkohol dan tak pernah makan berlebih. Kebiasaan sehatnya ini membuatnya terhindari dari obesitas yang rentan dialami orang-orang seusianya.

"Orang-orang yang sudah melewati umur tertentu memiliki perut yang besar, dan untuk memuaskannya, mereka makan dan minum secara berlebihan, padahal hal tersebut membebani jantung," tutupnya.





Tonton video mengenai tips agar otak awet muda:

[Gambas:Video 20detik]

(mrs/up)
News Feed