ADVERTISEMENT

Senin, 14 Mei 2018 07:35 WIB

Apakah Kamu Depresi? Cek dengan Tes Ini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tes ini dikembangkan oleh direktorat kesehatan jiwa Kementerian Kesehatan.
Jakarta -

Depresi sebagai masalah kejiwaan masih sering terabaikan. Padahal mengukur level depresi ternyata tidak serumit yang dibayangkan.

Setidaknya, ada semacam tes sederhana yang memang dikembangkan untuk keperluan tersebut. Disebut Geriatric Depression Scale (GDS), tes sering digunakan untuk mendiagnosis depresi pada usia lanjut.

"Apakah bapak/ibu merasa kehidupan bapak/ibu kosong? Do you feel that your life is empty?" demikian kutipan salah satu pertanyaan dalam tes tersebut.

Situs Direktorat Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan mengemas tes tersebut dalam sebuah aplikasi di web. Cukup banyak yang penasaran ingin mencobanya, dan membagikan hasilnya di media sosial.





Terdiri dari 15 pertanyaan dengan opsi jawaban 'ya' dan 'tidak', 10 di antaranya menunjukkan gejala depresi jika dijawab 'ya'. Sisanya menunjukkan depresi jika dijawab 'tidak'. Dianjurkan untuk tidak berdiskusi dengan orang lain saat mengerjakan tes ini.

Hasil yang ditampilkan adalah skor dengan rentang 1-15. Skor 0-4 menunjukkan kondisi normal, 5-8 depresi ringan, 9-11 depresi sedang, dan 12-15 berarti depresi parah.

Penasaran ingin mencoba? Klik di sini.

Salah satu hasil yang dibagikan di media sosial.Salah satu hasil yang dibagikan di media sosial. Foto: twitter





Simak juga video "Ini yang Harus Dilakukan Jika Orang Terdekat Alami Depresi " di 20Detik:

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT