Sabtu, 19 Mei 2018 07:25 WIB

Bersiwak, Sunah Nabi yang Sudah Terbukti Manfaat Ilmiahnya

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Bersiwak terbukti memiliki manfaat. Foto: Sandiaga membeli siwak di ITC Mangga Dua, Kamis (3/11/2016). (Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Bersiwak merupakan sunah Nabi Muhammad SAW untuk membersihkan gigi dan mulut. Nah, manfaat siwak ternyata sudah ada bukti ilmiahnya.

drg Nada Ismah, SpOrt, dari Fakultas dan Gigi Universitas Indonesia mengatakan penggunaan siwak untuk membersihkan gigi dan mulut lazim dilakukan di berbagai negara dan kebudayaan. Siwak yang digunakan untuk membersihkan gigi merupakan bagian ranting pohon.

"Siwak mengandung flouride, seperti yang kita temukan pada pasta gigi biasa. Tapi nggak cuma flouride, siwak juga mengandung sulfur, silika, antiseptik dan juga essential oil, serta vitamin C," ungkap drg Nada, dalam temu media di All Seasons Hotel, Jakarta Pusat.


Flouride merupakan unsur penting dalam perlindungan kesehatan gigi dan mulut. Flouride membantu menjaga email gigi tetap sempurna dan mencegah gigi berlubang.

Silika merupakan komponen yang membantu mengurangi abrasi gigi. Nah, chloride membantu menjaga gigi tetap putih.

"Ada juga kandungan antiseptik yang mencegah pertumbuhan bakteri di mulut, dan vitamin C untuk menjaga kesehatan gusi, supaya tidak mudah berdarah," tandasnya lagi.

Syifa Fauzia, Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) mengatakan menggunakan bahan pasta gigi yang mengandung siwak merupakan salah satu bagian dari hijrah. Hijrah di sini berarti berubah ke arah lebih baik, dengan cara mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW.

"Hijrah tidak hanya pindah secara fisik, tapi juga pindah menjadi lebih baik, dengan menggunakan pasta gigi halal sekaligus melakukan sunah Nabi," tutupnya.

(mrs/up)