Sabtu, 19 Mei 2018 10:48 WIB

Sering Merasa Kurang Berstamina Saat Puasa? Coba Lakukan Hal Ini

Tia Reisha - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Pada awal bulan Ramadan, beberapa orang memang mengaku sering merasa lemas ketika berpuasa. Banyak ahli kesehatan yang mengungkapkan sebagian orang akan merasakan kurang berstamina di fase awal puasa.

Biasanya 1-4 hari awal bulan puasa. Hal ini bisa terjadi karena pola makan dan minum yang berubah. Sebaiknya perhatikan pola makan ketika sahur dan berbuka puasa.

Misalnya saat sahur, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi dan kentang. Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi membutuhkan proses yang lebih lama untuk dicerna. Jadi saat puasa, energi pada tubuh tetap terjaga.


Lengkapi juga menu sahur dengan buah-buahan dan sayur yang kaya akan serat yang lambat dicerna sehingga memberi rasa kenyang lebih lama. Makanan berserat juga bisa menambah energi dan mencegah rasa lelah ketika berpuasa.

Untuk lauknya, pilih makanan yang mengandung protein seperti telur untuk memperkuat imunitas. Jika ingin makan daging, pilihlah daging tanpa lemak seperti dada ayam. Agar tubuh terhidrasi, minum air putih yang cukup setelah berbuka dan puasa sahur.

Buah-buahan dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi juga bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Misalnya timun, tomat, dan jeruk. Selain pola makan dan minum, terlalu banyak tidur pada bulan puasa juga bisa membuat tubuh kurang berstamina.


Pakar kesehatan mengungkapkan kebanyakan tidur justru membuat tubuh menjadi lemas. Meskipun jam tidur jadi berkurang karena sahur, rasa kantuk bisa diatasi dengan beristirahat selama 15 menit saat istirahat siang.

Mengonsumsi multivitamin juga bisa membantu menjaga stamina saat berpuasa. Misalnya dengan mengonsumsi Fatigon Spirit saat sahur yang berfungsi memelihara stamina tubuh sehingga tubuh tetap terasa segar dan berenergi. (ega/up)