Sabtu, 19 Mei 2018 13:37 WIB

Persiapan Untuk Hadang Hipotermia Sebelum Naik Gunung

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Hobi naik gunung? Tentunya perlu persiapan yang matang sebelum berangkat. Berikut tips simpel yang bisa jadi pilihan untuk cegah hipotermia. Foto: Ahmad Masaul Khoiri Hobi naik gunung? Tentunya perlu persiapan yang matang sebelum berangkat. Berikut tips simpel yang bisa jadi pilihan untuk cegah hipotermia. Foto: Ahmad Masaul Khoiri
Jakarta - Menyenangkan sekali jika bisa meluangkan waktu untuk naik gunung. Selain menghilangkan penat akibat stres kerja, naik gunung juga merupakan aktivitas fisik yang menyehatkan tubuh.

dr Wisnu Pramudito D. Pusponegoro, SpB, dari Perhimpunan Dokter Ahli Emergensi Indonesia mengatakan kepada detikHealth ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum mendaki gunung.


"Perencanaan harus matang. Tergantung ketinggian dan iklim yang ada," ujarnya, baru-baru ini.

Persiapan yang matang penting untuk mencegah hipotermia agar naik gunung makin menyenangkan. Sebelum melakukan pendakian, perlu dipelajari medan yang akan ditempuh terutama suhu udara di atas gunung nantinya.

Perencanaan yang dimaksud itu meliputi, selalu bersiap dengan membawa pakaian hingga kaos kaki cadangan serta baju hangat (jaket atau sweater) dari bahan yang cepat kering.

Jangan lupa juga emergency blanket, sleeping bag beserta matras yang menjadi isolator. Hal tersebut harus dipersiapkan agar tubuh tidak berkontak langsung dengan tanah yang dingin.

Selain barang yang perlu dipersiapkan, persediaan makanan dan minuman yang cukup serta survival kit yang di dalamnya terdapat peralatan untuk membuat api dan memasak juga tak boleh ketinggalan.

"Dan di atas segala persiapan itu yang paling penting yaitu pengetahuan yang cukup tentang teknik survival serta penguasaan medan yang akan didaki. Terlebih bila kondisi cuaca di daerah tersebut termasuk ekstrem," tutup Wisnu.



(mrs/up)
News Feed