Minggu, 20 Mei 2018 07:05 WIB

4 Makanan Ini Disebut Ampuh Atasi Anemia

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Di bulan Ramadan, anemia sering kali jadi penghambat seseorang menjalankan ibadah puasa. Yuk, cegah anemia dengan makanan-makanan berikut ini. Foto: thinkstock Di bulan Ramadan, anemia sering kali jadi penghambat seseorang menjalankan ibadah puasa. Yuk, cegah anemia dengan makanan-makanan berikut ini. Foto: thinkstock
Jakarta - Anemia merupakan salah satu keluhan kesehatan yang paling umum dialami wanita. Singkatnya, anemia adalah kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan zat besi.

Dampak kekurangan zat besi dapat membuat seseorang mengalami kelelahan, lemas dan lesu. Di bulan Ramadan, anemia sering kali jadi penghambat seseorang menjalankan ibadah puasa.

Nah, asupan-asupan ini dipercaya mampu mengatasi anemia karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Apa saja? dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 di antaranya:


1. Kacang polong

Kaya akan nutrisi, kacang polong sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami kekurangan zat besi. Saat Anda membuat sayur sop, ada baiknya Anda menambahkan kacang polong. Selain rasanya enak, kebutuhan zat besi Anda akan terbantu untuk terpenuhi.

2. Kentang

Kentang biasanya dihindari karena mengandung kalori tinggi. Namun kentang sebenarnya juga kaya akan kandungan zat besi dan bisa menjadi pilihan asupan Anda.

Brokoli kaya akan zat besiBrokoli kaya akan zat besi Foto: Thinkstock


3. Brokoli

Tak banyak orang yang menyukai brokoli karena dianggap memiliki rasa yang tak terlalu enak. Namun rasanya, sayuran ini sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami kekurangan zat besi.

4. Beras merah

Beras merah kaya akan serat, yang berfungsi untuk membuang keluar racun-racun di dalam tubuh. Sehingga diyakini dapat membantu kinerja zat besi.

(mrs/up)
News Feed