Sabtu, 26 Mei 2018 11:20 WIB

Mata Sampai 'Juling' Belum Juga Bisa Lihat Gambar 3D? Ini Saran Dokter

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Contoh potongan gambar stereogram yang viral. (Foto: Internet) Contoh potongan gambar stereogram yang viral. (Foto: Internet)
Jakarta - Foto stereogram 3D memang bikin penasaran. Memang sangat mengesankan jika kita dapat menemukan gambar apa yang sebenarnya terdapat dalam gambar stereogram 3D tersebut.

Akan tetapi bagi yang tidak biasa, cara melihatnya memang tidak mudah. Dalam mengatur fokus yang pas, mata terkadang harus dijuling-julingkan. Kata dokter, ini bisa membuat mata kelelahan dan mengganggu binokularitas.



Daripada mata lelah karena dijuling-julingkan, dr Endang Johani SpM dari RS Siloam Lippo Village Karawaci menyarankan cara lain untuk melihat gambar 3 dimensi.

"Yang paling benar melihat gambar tiga dimensi adalah dengan kacamata tiga dimensi. Atau kacamata red and green," ujarnya kepada detikHealth.

Jenis gambar 3 dimensi yang bisa dilihat dengan kacamata red and green memang berbeda dengan gambar stereogram yang memang hanya bisa dilihat dengan mengatur-ngatur fokus mata. Tetapi kalau memang sulit melihatnya, buat apa memaksakan diri ya kan? Nanti juling beneran lho!

(up/up)
News Feed