Rabu, 30 Mei 2018 07:34 WIB

Terbukti! Pilihan Warna dan Motif Baju Mencerminkan Berat Badan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Suka pakai baju bermotif garis-garis ternyata berhubungan dengan berat badan lho. Foto: Thinkstock Suka pakai baju bermotif garis-garis ternyata berhubungan dengan berat badan lho. Foto: Thinkstock
Jakarta - Suka memakai baju warna merah atau motif garis-garis? Tanpa sadar, pilihan warna dan motif busana berhubungan dengan berat badan seseorang.

Ini dibuktikan oleh para ilmuwan dari St Luke's International University di Tokyo dan University of Glasgow's School of Medicine. Temuan tersebut dipresentasikan dalam kongres obesitas di Wina, Austria.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mengumpulkan data pembelian baju secara online di seluruh dunia. Mereka juga memilah data berdasarkan berat dan tinggi badan para pembeli, yang jumlahnya mencapai 34.000 orang dari 119 negara.

Hasilnya, ukuran baju berkaitan erat dengan indeks massa tubuh (IMT), yang merupakan perbandingan berat badan dengan kuadrat tinggi badan. Yang menarik, IMT berkaitan juga dengan pilihan motif dan warna baju yang dibeli.


Perempuan dengan IMT rata-rata 27 kg/m2, yang dikategorikan overweight, cenderung memilih baju dengan motif garis-garis dan dot. Sedangkan perempuan dengan IMT rata-rata 21 kg/m2 cenderung memilih baju berwarna merah wine.

Para peneliti mengakui bahwa temuan mereka hanya menunjukkan perbedaan dalam pengamatan, tanpa membuktikan ada hubungan sebab dan akibat. Demikian dikutip dari Dailymail.



Haruskah memakai sepatu berdasarkan warna kulit? Tonton videonya:

[Gambas:Video 20detik]





(up/up)