Senin, 04 Jun 2018 14:15 WIB

Hoax or Not

Beredar Broadcast Cara Hilangkan Formalin pada Makanan, Benarkah Efektif?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Beredar broadcast cara menghilangkan formalin pada makanan. Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah pesan berantai mengenai cara menghilangkan formalin pada sejumlah makanan seperti ikan asin, tahu, mie basah, dan ikan segar. Dalam broadcast tersebut disampaikan bahwa makanan tersebut dapat mengalami penurunan kadar formalin dengan cara direbus, direndam dengan air panas, atau cuka, tergantung dari jenis makanannya.

Berikut ini adalah isi pesan berantai tersebut:

Cara Menghilangkan Formalin pada Mie, Tahu dan Ikan

Formalin adalah bahan kimia berbahaya yang kerap dicampurkan ke makanan oleh pedagang curang. Sebagai konsumen kita pun jadi waswas, takut bila tanpa sengaja membeli makanan berformalin dan meracuni diri dan keluarga sendiri. Untungnya, ada cara untuk menghilangkan kadar formalin dari makanan.

1. Ikan Asin

Ikan asin yang berformalin perlu direndam selama 60 menit agar formalinnya terlepas dari ikan dan terlarut ke air rendamannya. Level formalin akan berkurang sebanyak 61.25% bila ikan asin direndam dalam air biasa. Sebaiknya, perendaman ikan asin dilakukan di air garam karena dapat menghilangkan level formalin hingga 89.5%.

2. Tahu

Tahu yang berformalin pun bisa dinetralkan dengan cara yang mudah. Cara terbaik adalah dengan merebusnya sampai mendidih kemudian menggorengnya. Teknik ini terbukti dapat menghilangkan hampir semua kandungan formalin di dalam tahu tersebut. Cara lain juga bisa dilakukan dengan mengukusnya atau merendamnya di air panas. Namun, kedua cara ini hanya dapat mengurangi kandungan formalinnya, bukan menghilangkannya secara total.

3. Mie Basah

Untuk mie basah, caranya lebih mudah lagi. Cukup rendam saja mie dalam air panas selama 30 menit. Teknik sederhana ini terbukti dapat menghilangkan kandungan formalinnya hingga 100%. Jangan lupa, cuci kembali mie dengan air biasa setelah perendaman untuk memastikan tidak ada sisa formalin yang masih menempel.

4. Ikan Segar

Ikan segar yang diberi formalin juga bisa dinetralkan kembali sehingga aman untuk dikonsumsi. Campurkan cuka ke dalam air hingga konsentrasinya mencapai 5%. Kemudian, rendam ikan di larutan tersebut selama 15 menit. **********
Tolong di share ke ibu2 yg lain agar terhindar dari formalin

Menurut Kepala Bidang Serlik BBPOM di Jakarta, Ibu Yayan Cahyani, SSi, Apt, ketika menemukan bahan makanan yang sudah tercampur dengan bahan makanan berbahaya misalnya formalin, sebaiknya tidak dikonsumsi lagi.

"Kalau sudah tercemar bahan berbahaya, ikan asin formalin, tahu formalin, mie formalin, ikan segar formalin, seharusnya dibuang saja," jawabnya singkat.

Hal senada juga diutarakan oleh ahli pangan dari Universitas Sahid Jakarta, Prof dr Hardinsyah, MS, bahwa cara seperti yang disebutkan di atas hanya bisa untuk mengurangi kadar formalinnya.

"Dapat mengurangi bukan menghilangkan," kata Prof Hardin.

Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat tetap harus memperhatikan keamanan pangan yang dikonsumsi. Meskipun kadar formalin yang ada di makanan hanya sedikit, dampaknya bisa menjadi buruk ketika kebiasaan ini berlangsung dalam jangka panjang.

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)