Selasa, 05 Jun 2018 11:35 WIB

Si Kecil Suka Ngemil? Pastikan Camilannya Sehat

Akfa Nasrulhaq - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Ngemil memang menjadi hobi banyak orang, tak terkecuali anak-anak. Faktanya, camilan penting untuk masa pertumbuhan Si Kecil. Tak hanya sekadar memenuhi nutrisi, tapi ngemil juga bisa melatih proses motorik.

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, mengungkapkan camilan merupakan makanan selingan di antara makan utama. Kegiatan ngemil biasanya dimulai saat Si Kecil mulai duduk dan memegang makanan sendiri sampai mengenal makanan keluarga.

"Saat memberikan camilan diharapkan anak bisa mengambil makanan dengan tangannya sendiri dan memasukannya ke mulut. Di sinilah terjadi proses pelatihan proses motorik tangan dan otot sekitar mulut yang menjadi cikal bakal anak bisa menggunakan tangan dengan maksimal, pertumbuhan gigi dan, bicara dengan baik," ujarnya kepada detikHealth.


Namun ia juga mengingatkan para orangtua agar memperhatikan jenis dan kandungan zat gizi dari camilan Si Kecil.

"Jenis dan tekstur harus di sesuaikan dengan usia anak. Misalnya supaya anak tidak tersedak, ukuran, konsistensi, dan bentuk harus disesuaikan. Secara kandungan nutrisi pilih yang fresh, tanpa gula tambahan dan pengawet, serta pastinya yang disukai oleh anak tersebut," jelasnya.

Buah bisa menjadi camilan yang sehat untuk Si Kecil. Untuk Si Kecil yang berusia 1 tahun ke atas, buah bisa dipotong atau dibentuk dengan cetakan sesuai karakter yang disukai Si Kecil.


"Untuk anak di bawah 1 tahun, buahnya bisa di bikin puree atau dihaluskan. Namun tidak perlu ditambahkan gula. Buah yang bisa dipakai dan dibikin campuran puree adalah apel, pisang, peach, jeruk manis, dan wortel. Pilih mana yang disukai oleh anak," kata Mulaiman.

Milna Nature Delight bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk anak. Puree ini dibuat dari buah pilihan tanpa tambahan gula serta. Selain itu, puree buah ini juga dikemas dengan praktis sehingga bisa dimakan kapanpun dan di manapun. (ega/up)