Selasa, 05 Jun 2018 17:35 WIB

Heboh Cuitan Via Vallen, Apa Sih Pelecehan Itu?

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Pedangdut Via Vallen mengaku dilecehkan seorang pesepakbola (Foto: Dok. Instagram/viavallen) Pedangdut Via Vallen mengaku dilecehkan seorang pesepakbola (Foto: Dok. Instagram/viavallen)
Jakarta - Para pecinta musik dangdut pasti tak asing dengan nama Via Vallen. Pelantun lagu 'Sayang' yang sedang naik daun ini mengaku mengalami sebuah pelecehan.

Dilihat dari laman instagram miliknya, ia menerangkan bahwa ada seorang pemain sepakbola yang mengirim pesan tidak menyenangkan kepada dirinya. Lalu, apa kata psikolog tentang pelecehan itu sendiri?



"Segala bentuk perilaku yang menjurus ke arah seksual atau merendahkan orang lain, bisa berupa fisik maupun verbal," ujar psikolog dari Universitas Indonesia, Bona Sardo, MPSi.

Bona menjelaskan pelecehan fisik contohnya mencolek, meraba, memegang bahkan sampai memijat area-area privasi yang tidak sepantasnya disentuh oleh sesama atau lawan jenis yang tidak diinginkan.

"Bahkan ada sebagian orang yang bahu saja tidak suka disentuh, padahal untuk beberapa orang bahu termasuk area yang bisa dikatakan 'aman', tetapi jika mencolek bahu dengan keadaan yang tidak diinginkan sudah dianggap sebagai pelecehan secara fisik," ujar Bona.

Begitu pula dengan pelecehan verbal, Bona mengungkapkan itu bisa secara lisan maupun tulisan yang mengarah ke merendahkan, berbeda hal dengan pujian.

"Hai cewek, cantik deh, badannya bagus deh, lebih mengarah ke merendahkan. Berbeda hal dengan pujian seperti, kamu bagus pakai baju itu terlihat lebih jenjang dan lain sebagainya," tutup Bona.

(up/up)
News Feed