Rabu, 06 Jun 2018 19:37 WIB

Desainer Kate Spade Mengidap Manik Depresi, Ini Ciri-cirinya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kate Spade disebut-sebut mengidap manik depresi, bagaimana ciri-cirinya? Foto: Dok. Getty Images Kate Spade disebut-sebut mengidap manik depresi, bagaimana ciri-cirinya? Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Merebaknya berita bunuh diri dari desainer tas tangan terkenal Kate Spade membuat seluruh dunia simpatik. Ia disebut-sebut mengidap manik depresi (manic depression) akibat tekanan dan stres dari merek bisnisnya yang memiliki nama sama sepertinya.

Lalu, sebenarnya apakah depresi manic itu dan apakah bedanya dengan depresi biasa? Kepada detikHealth, Veronica Adesla seorang psikolog klinis dari Personal Growth memberikan jawabannya.

"Depresi manic merupakan gangguan bipolar, yaitu gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati secara ekstrim, meliputi emosi "tinggi" atau mania dan "rendah" atau depresi," jelas Veronica.


Mania ditunjukkan dengan perasaan euforia, lanjutnya, sangat bersemangat, muncul banyak ide atau hal-hal yang ingin dilakukan, seperti tidak bisa diam. Depresi ditunjukkan dengan perasaan sedih, putus asa, hilang minat dan perasaan senang di banyak aktivitas.

Istilah depresi manic merupakan sebutan lama bagi gangguan bipolar. Karena gangguan bipolar bisa berbahaya jika tak terkontrol, maka perlu dilakukan pemeriksaan psikologis oleh psikolog profesional dan psikiater.

"(Pemeriksaan) harus dilakukan untuk dapat memastikan diagnosa gangguan. Kondisi depresi tidak dapat diremehkan, harus segera ditangani oleh professional. Semakin dini ditangani semakin cepat pemulihan mental dapat diwujudkan," tegas Veronica lagi.

(frp/up)
News Feed