Jumat, 08 Jun 2018 16:05 WIB

Antisipasi Cuaca Terik, Menkes Sarankan Banyak Minum Saat Mudik

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Menkes Nila F Moeloek (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth)
Jakarta - Arus mudik diperkirakan akan mulai padat pada malam ini, dan BMKG juga memperkirakan temperatur udara cenderung panas sepanjang musim mudik. Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek menyarankan untuk memperbanyak minum untuk mengatasi suhu panas.

"Saya sarankan untuk perbanyak minum ya, tapi bisa jadi bikin beser juga terus jadi bingung mau pipisnya di mana," tutur Menkes Nila di kantor Kemenkes RI, Jumat (8/6/2018).

Lalu, jika timbul rasa ingin kencing terus-menerus (beser) saat perjalanan mudik, apakah harus menahannya atau tidak? Direktur Jendral Layanan Kesehatan Kemenkes dr Bambang Wibowo menjawabnya.

"Jadi kalau pengen pipis ya pipis, jangan ditahan ya. Rest area juga ada kok. Tapi kalau yang beser ya pakai pampers saja, hahaha," kata Bambang diikuti tawa dari Menkes Nila F. Moeloek dan jajaran eselon 1 lainnya.



Bambang menyebutkan bahwa frekuensi kencing seseorang biasanya ada dalam 4 jam sekali. Oleh karena itu, pemudik harus mengantisipasi dengan memperkirakan lokasi rest area, misalnya, apalagi jika mudik menggunakan kendaraan umum yang tidak bisa bebas berhenti.

Selain itu, menahan kencing juga dapat menimbulkan risiko kesehatan seperti infeksi saluran kencing pada wanita.

"Beberapa obat maupun makanan minuman itu merangsang seseorang untuk lebih cepat kencing ya, seperti kopi atau teh. Jadi ini mestinya tidak dikonsumsi ya," ujar Bambang lagi.



(frp/up)