Jumat, 08 Jun 2018 16:20 WIB

Mimisan 10 Hari Nonstop, Ternyata Ada Lintah Hidup di Hidung

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Seorang pria asal China mengalami mimisan selama 10 hari berturut-turut.  Foto: mirror Seorang pria asal China mengalami mimisan selama 10 hari berturut-turut. Foto: mirror
Jakarta - Seorang pria asal China mengalami mimisan selama 10 hari berturut-turut. Penyebabnya, ada lintah yang hidup di hidungnya selama 2 minggu!

dr Liu Xiongguang dari Beihai People's Hospital menyebut seorang pasien pria berusia 51 tahun mengeluh nyeri di bagian hidung dan mimisan yang tak pernah berhenti. Istri pasien mengatakan ada sesuatu yang pernah mengintip dari lubang hidung suaminya.



"Pasien baru saja pulang dari kerja di provinsi Yunnan dan mengalami mimisan tak berhenti," ungkap dr Liu, dikutip dari Mirror.

Tidak diketahui dengan jelas bagaimana pasien tersebut bisa memiliki lintah yang hidup di hidungnya. Namun dr Liu menduga lintah masuk ke hidung saat pasien sedang berenang di sungai.

"Ketika aku memeriksa lubang hidung sebelah kanan, lintahnya pindah ke kiri. Pemeriksaan endoskopi memastikan bahwa lintah hidup di dalam lubang hidung pasien," ungkapnya lagi.

Tak butuh waktu lama, sang lintah berhasil dikeluarkan. Dalam video yang beredar, terlihat bagaimana ekspresi pasien yang meringis menahan sakit saat lintah ditarik keluar.

Pasien pun sudah boleh dipulangkan usai lintah dikeluarkan. dr Liu berpesan agar tidak terulang, berhatilah-hatilah saat berenang di sungai atau danau.




(mrs/up)