Jumat, 08 Jun 2018 18:05 WIB

Tips Mencegah Beser Saat Perjalanan Mudik

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Harus ada persiapan matang agar tidak beser di jalan. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sering bolak-balik ke toilet karena buang air terus-terusan? Jika di rumah sih tidak masalah, tetapi bagaimana jika dalam perjalanan jauh? Perlu ada persiapan sebelum bepergian jauh.

Dihubungi detikHealth, dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, ahli urologi dari RS Mayapada, memberikan tips seputar persiapan sebelum bepergian jauh untuk mengelola asupan cairan atau air minum sebelum dan selama perjalanan.

"Perjalanan jauh sebelum berangkat minum banyak tetapi sebelum berangkat pipis dulu, dalam perjalanan minum sedikit-sedikit," ujar dr Akbari.



Beberapa saran lain yang diberikan dr Akbari yaitu:

1. Jika waktu sahur banyak minum, jika bisa 4 gelas air minum, tetapi konsekuensinya setelah itu biasanya akan buang air 2 hingga 3 kali setiap 30 menit hingga 1 jam terus menerus dalam kurun waktu 2 hingga 3 jam setelah minum air banyak.

2. Bagi yang tidak berpuasa, bisa minum 1 gelas sebelum perjalanan. Minum dalam perjalanan secukupnya, 1 gelas cukup jika haus banget. Tetapi biasanya akan menimbulkan rasa ingin buang air satu jam setelahnya.

3. Hindari minum minuman yang mengandung diuretik (peluruh kencing), misalnya kopi dan minuman bersoda, karena dapat memproduksi urine lebih banyak.

4. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu asin dan manis, karena mengakibatkan gampang haus, misalnya telor asin.

dr Akbari juga menambahkan jika membawa perbekalan seperti jus buah atau tes, sebaiknya tidak terlalu manis, karena cenderung jadi haus.

(up/up)