Sabtu, 09 Jun 2018 04:47 WIB

Jagoan Cilik Ini Siap Layani Pemudik yang Sakit

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Para pramuka ini menjadi relawan yang turut melayani pemudik (Foto: Aisyah/detikHealth)
Jakarta - Try Sutrisna (15) dari Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana Jakarta Timur atau biasa dipanggil Try tampak bersemangat menceritakan hari pertamanya membantu masyarakat yang akan mudik di Terminal Kampung Rambutan. Kepada detikHealth, ia menuturkan kegiatan yang ia lakukan di sana.

"Bantu petugas keamanan, biasanya bantu misalnya Dishub atau polisi lalu lintas," kata siswa dari SMK Al-Fathiyah, Condet, Jakarta Timur tersebut.

Seharian ini ia membantu untuk mengamankan situasi agar tetap kondusif mulai dari hal kecil seperti masalah parkir di sembarang tempat. Tak hanya itu, ia juga sudah siap sedia untuk masalah kesehatan lho. Ia sudah dilatih untuk memberikan pertolongan pada orang yang keseleo.



"Paling kalau misalnya keseleo bisa (bantu menolong), kalau udah yang pingsan atau lebih fatal biasanya tim profesional yang bantu," tuturnya.

Wah, wah, dengan cara apa Try membantu orang yang keseleo? Ternyata lewat teknik urut yang ia pelajari dari pelatihan, Try pun siap membantu masyarakat hingga tanggal 13 Juni 2018 mendatang.

Nah, kalau kamu mudik di Terminal Kampung Rambutan jangan lupa untuk memberikan semangat kepada adik-adik kecil yang siap menolong para pemudik yang sakit ya. Patut jadi teladan!

(ask/up)