Sabtu, 09 Jun 2018 18:25 WIB

Mau Mudik dengan Si Kecil? Ini Tips Jaga Kesehatannya

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Menjelang Lebaran, banyak keluarga yang kini tengah mempersiapkan mudik. Jika mudik mengajak si kecil, pastikan kondisi kesehatannya tetap terjaga.

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, membagi tips membawa anak saat mudik. Pertama yang harus dilakukan tentunya memastikan si kecil dalam keadaan sehat serta selalu memperhatikan kebutuhannya.

"Kalau berpergian membutuhkan waktu berjam-jam, pastikan nutrisi dan cairan si kecil terpenuhi. Bawa air putih, susu, dan camilan yang disukai anak. Siapkan barang-barang keperluan si kecil seperti kaus kaki, baju hangat, tisu, dan selimut. Bawa juga mainan agar perjalanan selalu fun," ujarnya kepada detikHealth, (6/5/2018).



dr Muliaman juga menyarankan agar si kecil terhindar dari sakit ketika perjalanan, luangkan waktu untuk beristirahat dan berikan makanan yang cukup dan bernutrisi.

"Siapkan makanan yang cukup, berhentilah saat makan. Bawa susu dan camilan yang praktis digemari oleh anak. Camilan sehat yang bisa dipilih, seperti biskuit, puding, dan puree buah," katanya.



Selain persiapan bekal makanan utama, berikan juga si kecil makanan pendamping atau camilan yang memenuhi asupan nutrisi hariannya. Buah juga tetap harus masuk pada menu harian karena kandungan vitaminnya menjadi sumber energi dan stamina si kecil dalam perjalanan.

Adapun buah yang bisa diberikan kepada si kecil misalnya pisang yang punya tekstur lembut dan merupakan sumber vitamin B terbaik. Bisa juga memberikan buah yang cenderung netral, seperti pepaya, apel, melon, pir, dan jeruk baby manis,

Agar praktis, orangtua bisa membawa puree buah Milna Nature Delight yang dibuat dari buah pilihan, dan tanpa tambahan gula serta pengawet. (mul/ega)