Kamis, 14 Jun 2018 08:04 WIB

Tips Mudik Bebas Pegal: Ngemil Sehat dan Sering-sering Istirahat

Annisya Heriyanti - detikHealth
Ilustrasi mudik anti pegal. Foto: thinkstock Ilustrasi mudik anti pegal. Foto: thinkstock
Jakarta - Lebaran selalu menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman alias mudik. Perjalanan yang memakan waktu seharian bahkan berhari-hari tentunya akan sangat melelahkan, terlebih jika menggunakan kendaran pribadi.

Stamina yang ekstra sangat dibutuhkan hingga tiba di kampung halaman, tentunya ini bukan hal yang sulit. Pemudik hanya harus memperhatikan hal-hal kecil seperti kesehatan, istirahat yang cukup dan mengatur pola makan sebelum melakukan dan selama perjalanan.

"Tidak hanya kesehatan, pemudik wajib istirahat yang cukup sebelum menempuh perjalanan jauh dan pola makan yang teratur akan berpengaruh pada stamina pemudik," ujar Jansen Ongko, ahli gizi dan olahraga dari Fitness Embassy.


Menurut Jansen, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi disarankan untuk berhenti setiap satu jam perjalanan untuk menghindari rasa pegal dan melancarkan peredaran darah akibat duduk terlalu lama.

Kebutuhan cairan seperti mengonsumsi air putih juga harus terpenuhi agar tidak terjadi dehidrasi dan kehilangan konsentrasi saat mengemudi akibat kurangnya cairan. Camilan yang dipersiapkan juga harus yang tergolong makanan sehat, hindari juga konsumsi gorengan dan chiki karena makanan yang sulit cerna seperti itu akan membuat kinerja tubuh lebih berat sehingga tubuh akan terasa mudah lelah.

"Buah-buahan segar adalah makanan yang paling bagus, selain tinggi serat buah juga mengandung banyak air. Itu bisa menambah kebutuhan cairan selama masa perjalanan," lanjut Jansen.



Simak video Buah yang Cocok Jadi Teman Pendamping Saat Mudik

[Gambas:Video 20detik]

(Annisya Heriyanti/up)
News Feed