Jumat, 15 Jun 2018 16:25 WIB

Generasi Sungkem vs Generasi 'Merunduk'

Nabilla Nuri - detikHealth
Generasi sungkem vs generasi merunduk/Foto: GettyImages/Andreas Rentz Generasi sungkem vs generasi 'merunduk'/Foto: GettyImages/Andreas Rentz
Jakarta - Sebel nggak sih jika acara kumpul bersama didominasi oleh 'generasi merunduk'? Itu lho, orang-orang yang lebih sibuk dengan gadget alih-alih ngobrol saling mengakrabkan diri satu sama lain. Rencana awalnya ingin menjalin hubungan, bertukar informasi dan kabar tetapi kenyataannya malah sibuk sendiri-sendiri.

"Sekarang sedang marak istilah 'generasi nunduk' untuk menyebut orang-orang yang sibuk dengan urusannya masing-masing di gadget. Istilah ilmiah yang lebih umum digunakan adalah gadget freak," ujar Kantiana Taslim., M.Psi, psikolog dari Personal Growth.



Begini cara menyikapi para gadget freak atau generasi merunduk menurut Kantiana:

1. Dengan membuat kesepakatan sama teman-teman yang ngumpul juga. Sepakati kalau acara ngumpul ini untuk saling catch up info, tukar pikiran, dan ngobrol. apalagi jika sudah lama tidak bertemu.

2. Dengan cara berkumpul untuk melakukan aktivitas produktif bersama-sama, misalnya klub buku, ngumpul untuk belajar masak bersama atau belajar kopi. Kenapa penting melakukan aktivitas tertentu bersama-sama ketika ngumpul? dengan adanya aktivitas produktif bersama-sama mengurangi kemungkinan dan kesempatan untuk main gadget. Selain itu bisa sekaligus bonding satu sama lain juga.

3. Handphone atau gadget masing-masing disimpan di tas dan bukan di atas meja atau di kantong baju, atau di tempat lain yang tak mudah dijangkau. Dengan menyimpan gadget di tas, dapat meminimalkan kemungkinan melihat gadget setiap saat.

(up/up)
News Feed