Jumat, 15 Jun 2018 17:20 WIB

Berapa Banyak Asupan Serat yang Harus Dikonsumsi per Hari?

Rizki Ati Hulwa - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Serat menjadi salah satu asupan yang penting dikonsumsi sehari-hari karena bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Bahkan serat juga berfungsi sebagai pengikat lemak, gula, dan kolesterol dari makanan yang dikeluarkan melalui kotoran.

Selain itu, serat juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama sehingga bisa menurunkan nafsu makan dan mecegah obesitas. Serat juga bekerja sebagai prebiotik yang bisa menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar.

Namun seringkali asupan serat terlupakan. Menurut acuan gizi standar BPOM tahun 2007, kebutuhan serat harian orang dewasa adalah 25 gram per harinya. Idealnya manusia membutuhkan asupan serat sebanyak 20-25 gram dalam sehari.


Namun sudahkah kita memenuhi kebutuhan serat harian? Rutin mengonsumsi buah dan sayur bukan berarti asupan serat sudah terpenuhi dengan baik. Dilansir dari Fatsecret, 1 buah pisang mengandung 2,63 gram. Sementara jeruk 3,14 gram, apel 3,3 gram, 1 mangkuk pepaya 2,52 gram, 1 iris semangka 0,8 gram, 1 iris melon 0,5 gram, dan jambu biji mengandung 5,4 gram.

Selain sayur dan buah, biji-bijian seperti chia seeds dan flaxseeds juga mengandung serat. Jika gemar makan pasta, pilihlah pasta gandum dengan kandungan serat yang lebih tinggi.

Cara lainnya memenuhi asupan serat dengan cara yang nikmat adalah mengonsumsi jus seperti Love Juice yang mengandung serat 7-15 gram serat per botolnya serta dibuat tanpa pengawet, pemanis, dan pewarna buatan.

(idr/idr)