Rabu, 20 Jun 2018 19:30 WIB

Demam Piala Dunia 2018 Makin Panas, Waspada Serangan Jantung!

Firdaus Anwar - detikHealth
Di tengah sengitnya pertandingan Piala Dunia FIFA 2018, seorang penonton bisa saja mengalami serangan jantung tak terduga. Foto: ilustrasi/thinkstock Di tengah sengitnya pertandingan Piala Dunia FIFA 2018, seorang penonton bisa saja mengalami serangan jantung tak terduga. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Piala Dunia FIFA 2018 meski bisa membawa keceriaan dan ketegangan di antara penggemarnya dapat juga menyembunyikan risiko yang mungkin jarang diketahui. Beberapa kali media melaporkan ada penggemar yang meninggal akibat serangan jantung tak terduga saat menyaksikan pertandingan.

Sebagai contoh Fox News melaporkan pada Piala Dunia 2014 lalu seorang pria berusia 69 tahun meninggal saat sedang menyaksikan pertandingan Brazil melawan Chili. Paling baru South China Morning Post (SCMP) menyebut pria 56 tahun dengan nama Zhao mengalami serangan jantung ketika menyaksikan Jerman kalah melawan Meksiko.



Apakah kejadian-kejadian tersebut hanya kebetulan? Menurut studi yang dipublikasi di Canadian Journal of Cardiology jawabannya tidak. Studi melihat ketika orang-orang menyaksikan pertandingan hoki, detak jantung dapat meningkat hingga 110 persen setara seperti berolahraga intens.

Detak jantung yang meningkat karena ketegangan pertandingan ditambah faktor risiko lainnya akan membuat risiko serangan jantung meningkat hingga lebih dari dua kali lipat. Studi di New England Journal of Medicine menemukan selama Piala Dunia 2006 risiko serangan jantung pada populasi laki-laki di Munich, Jerman, meningkat hingga 3,26 kali lipat.

"Makin penting pertandingannya, makin besar pula risikonya (serangan jantung)," kata salah seorang peneliti," Dr Ute Wilbert-Lampen seperti dikutip dari BBC Rabu (20/6/2018).

Nah bagi kamu yang punya riwayat jantung dan tetap ingin menonton Piala Dunia, sebaiknya rajin-rajin berkonsultasi dengan dokter ya!

(fds/up)
News Feed