Jumat, 22 Jun 2018 12:15 WIB

Gestur Tubuh Messi Jadi Perbincangan, Pemain Bola Juga Bisa Stres?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Gestur tubuh Messi yang menutupi wajahnya. Foto: Instagram Gestur tubuh Messi yang menutupi wajahnya. Foto: Instagram
Jakarta - Bagi seorang penyerang sepak bola, membuat gol sebanyak-banyaknya dan memenangkan pertandingan adalah tujuan utama. Bisakah seorang pemain sepak bola merasa stres jika tidak berhasil mencapai tujuan tersebut?

Seperti Lionel Messi yang di ajang Piala Dunia 2018 ini belum mencetak satupun gol. Bahkan di pertandingan kedua melawan Kroasia, Kamis (21/6/2018) kemarin Argentina mengalami kekalahan dengan skor akhir 3-0.

Pada saat lagu nasionalnya diputar, Messi terlihat menunduk dengan menutupi wajahnya. Gestur tubuhnya itu diartikan netizen bahwa Messi tengah tertekan.

"Bebaskan Messi, Argentina tidak akan berada di Rusia tanpanya. Dia mengalami musim yang panjang dan membawa beban itu terlalu berat sekarang. Pensiun ke-2 akan segera terjadi," tulis komentator sepak bola, Kevin Keatings dalam akun Twitternya.


Stres di kalangan pesepak bola dan para atlet olahraga lain ternyata cukup tinggi. Tekanan dalam menghadapi persaingan, harapan tinggi, maupun cedera berpotensi untuk membuat atlet mengalami stres.

Dikutip dari Guardian, sebuah penelitian yang dilakukan oleh serikat pemain internasional, FIFPro menunjukkan bahwa seperempat pemain sepak bola profesional mengalami depresi atau kecemasan.

Gejala-gejala stres pada pemain sepak bola profesional biasanya 26 persen memperlihatkan perilaku gizi yang buruk. 19 persen meminum alkohol, 3 persen menganggap harga dirinya rendah, 7 persen merokok, dan 5 persen terlihat tanda-tanda kelelahan.





Tonton juga 'Highlights: Argentina Vs Kroasia 0-3':

[Gambas:Video 20detik] (wdw/up)