Jumat, 22 Jun 2018 16:01 WIB

Ini Pilihan Menu Nikmat untuk Pejuang Diet Keto

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Diet ketogenik atau diet keto merupakan diet yang menerapkan pola makan tinggi lemak, tapi rendah karbohidrat. Diet ini banyak digemari para pejuang diet karena dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Diet keto mengandalkan lemak sebagai sumber energi dan akan berhasil jika konsisten mengurangi asupan karbohidrat untuk memicu ketosis, suatu kondisi ketika liver memproduksi keton. Keton merupakan satu-satunya zat pengganti peran glukosa dalam memberi asupan energi pada otak. Ketosis hanya bisa terjadi apabila asupan karbohidrat dan glukosa ke tubuh dapat dihilangkan atau diminimalisir.



Direktur Lifestyle Medicine Clinic di Duke University, Dr Eric Westman, mengungkapkan diet rendah karbohidrat dapat membantu mengurangi nafsu makan, menurunkan berat badan, dan memperbaiki penanda penyakit jantung.

Sementara itu, ahli diet asal New York City, Kristen Mancinelli, juga mengatakan untuk memulai diet ini perlu mengurangi konsumsi karbohidrat menjadi 20-30 gram per hari dan menggantikannya dengan asupan tinggi lemak. Lemak tersebut kemudian akan dipecah menjadi sumber energi utama pada tubuh dan memicu turunnya berat badan.

Ada beberapa makanan yang bisa dipilih untuk diet keto. Salah satunya adalah telur yang merupakan sumber protein dan lemak hewani sehat. Telur akan sangat membantu proses diet jika dikonsumsi dengan cara direbus. Dada ayam juga bisa mendukung diet keto karena mengandung lemak sehat, protein, dan serat. Menu yang satu ini bisa diolah menjadi sup, dipanggang, atau dikukus dan dimakan sebagai menu makan siang.



Selain itu, ikan juga cocok untuk menjadi menu diet keto karena mengandung protein tinggi dan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Ikan seperti tuna, salmon, ataupun tongkol bisa dipanggang dengan minyak zaitun atau dikukus. Untuk menu sarapan atau camilan saat siang hari, pilih alpukat tanpa tambahan apapun. Alpukat dianggap bagus untuk diet keto karena rendah gula dan tinggi lemak sehat, serat, serta kalium yang membantu menjaga kadar gula darah.

Diet keto juga perlu dibarengi dengan mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, brokoli dan kangkung. Sebab sayuran hijau dikenal mengandung alkali, tinggi serat, rendah kalori dan dapat menstabilkan kadar gula darah. Jika ingin merasakan makanan atau minuman manis, tambahkan Diabetasol Sweetener yang mengandung 0 kalori sehingga kadar gula darah tetap bisa terjaga.




(mul/ega)
News Feed