Senin, 25 Jun 2018 08:07 WIB

Ditinggal Mudik, Nyamuk di Rumah Beranak-pinak? Begini Siklus Hidup Mereka

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Rumah yang kosong ditinggal mudik kerap jadi sarang nyamuk. Dalam kondisi letih usai perjalanan jauh, istirahat jadi terganggu oleh serangan nyamuk. Menyebalkan sekali bukan?

Butuh berapa lama sih, nyamuk-nyamuk berkembang biak?

"Sangat relatif pokoknya tergantung dengan kondisi lingkungan dan iklim," ujar pakar nyamuk Triwibowo Ambar Garjito kepada detikHealth.

Ia mencontohkan, siklus hidup nyamuk Aedes Aegypti yang menularkan Demam Berdarah Dengue (DBD). Siklus lengkap jenis nyamuk ini (dari mulai telur, lava, pupa, dan imago) berkisar antara 1,5 hingga 3 minggu tergantung kondisi lingkungan.


Perkembangan telur menjadi larva berkisar antara 2 hingga 8 hari, kemudian larva lebih dari 4 hari, berlanjut menjadi pupa sekitar 2 hari dan dewasa sekitar 2 minggu hingga beberapa bulan.

"Secara umum interval waktunya tidak terlalu beda nyata, tetapi sekali lagi, dari berbagai jenis nyamuk tersebut, siklus sangat dipengaruhi oleh tempat perkembangannya, ketersediaan makanannya, dan daya dukung lingkungannya sehingga sangat relatif," katanya.

(Nabilla Nufianty Putri/up)
News Feed