Selasa, 26 Jun 2018 14:30 WIB

Hoax or Not

Minum Air Hangat di Pagi Hari Bisa Obati Segala Penyakit?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Khasiat minum air hangat, hoax or not? Foto: Luthfy Syahban/detikcom
Jakarta - Banyak orang yang percaya bahkan secara terang-terangan menghindari konsumsi air dingin yang ditujukan untuk membuat tubuh menjadi sehat. Oleh karena itu, ketika pesan berantai mengenai manfaat konsumsi air hangat pun membuat sejumlah orang jadi mudah percaya.

Dalam broadcast yang detikHeath terima, disebutkan bahwa air hangat bisa menyembuhkan berbagai permasalahan kesehatan seperti migrain, tekanan darah tinggi atau rendah, nyeri sendiri, asma, epilepsi, nafsu makan yang buruk, penyakit yang berkaitan dengan mata, telinga, dan tenggorokan, serta disebut-sebut bisa mengatasi kanker dalam waktu beberapa bulan. Benarkah informasi tersebut?


"Itu mostly manfaat dari cukup minum air. Ngga harus hangat, suhu ruangan boleh," kata Jansen Ongko Msc, RD, ahli gizi dan olahraga saat dimintai keterangannya oleh detikHealth mengenai pesan berantai tersebut.

Menurut penjelasan dari founder Fitness Embassy ini, air dingin sebenarnya tidak berbahaya. Namun tetap ada nih orang-orang yang harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi air dingin misalnya orang yang punya lambung sensitif dan memang tidak dalam keadaan fit.

"Kinerja pembuluh darah kita enggak seperti pori-pori yang mengecil apabila terkena dingin," tandas Jansen.
Hoax or not minum air hangat saat perut kosong.Hoax or not minum air hangat saat perut kosong. Foto: Luthfy Syahban/detikcom


(ask/up)