Kamis, 28 Jun 2018 11:49 WIB

Si Jangkung Cho Hyun-woo, Kiper Korea Selatan yang 'Body Goals' Banget

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Getty Images
Jakarta - Kiper timnas Korea Selatan, Cho Hyun-woo menjadi mimpi buruk bagi timnas Jerman di Piala Dunia 2018. Pasalnya, enam tembakan gol dari Jerman ditangkis dengan apik oleh kiper bertinggi badan 189 cm ini.

Dengan berat badan 75 kg seperti dalam data yang dirilis FIFA, postur Hyun-woo terbilang sangat ideal berdasarkan perhitungan indeks massa tubuh (IMT). Tidak terlalu tampak berotot, tetapi juga tidak bisa dibilang kurus. Body goals banget deh!

Sebenarnya ia bukan satu-satunya pemain bertubuh jangkung di timnas Korsel. Kiper senior Kim Jin-hyeon juga bertubuh jangkung, bahkan tingginya nyaris 2 meter, yakni 193 cm. Bahkan striker Kim Shin-wook posturnya menjulang dengan tinggi badan 197 cm.


Tonton juga 'Bertebaran Meme Kekalahan Jerman':

[Gambas:Video 20detik]



Hyun-woo berhasil menangkis enam tembakan gol dari timnas Jerman.Hyun-woo berhasil menangkis enam tembakan gol dari timnas Jerman. Foto: Damir Sagolj/Reuters


Dalam situs resmi FIFA, disebutkan tinggi badan rata-rata pemain Piala Dunia 2018 adalah 188 cm. Jelas sekali Hyun-woo dan Jin-hyeon memiliki keuntungan lebih dengan tinggi badannya sebagai seorang kiper.

Tinggi badan sejangkung itu sebenarnya tak biasa di Korea Selatan. Menurut Sports Indicators of Korea tahun 1995, rata-rata tinggi badan pria Korea Selatan adalah 172,5 cm.

"Dari jaman PD (perang dunia) ke-2, Jepang dan Korea itu termasuk tidak tinggi. Tapi berjalannya waktu dapat meningkatkan kualitas mereka," kata dr Michael Triangto, SpKo, dokter spesialis olahraga kepada detikHealth, Kamis (28/6/2018).

dr Michael menyebut adanya perbaikan gizi yang baik melihat peningkatan tinggi badan di kedua negara tersebut. "Ini berarti mereka sungguh-sungguh meningkatkan kualitas mereka," imbuhnya lagi.


Si Jangkung Cho Hyun-woo, Kiper Korea Selatan yang 'Body Goals' BangetFoto: Andhika Akbaransyah
(frp/up)