Kamis, 28 Jun 2018 14:16 WIB

dr Bimanesh Hadapi Sidang Tuntutan, IDI Setop Sementara Sidang Etika

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
dr Bimanesh Sutarjo jalani sidang karena didakwa menghalangi pemeriksaan Setya Novanto (Foto: Ari Saputra) dr Bimanesh Sutarjo jalani sidang karena didakwa menghalangi pemeriksaan Setya Novanto (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - dr Bimanesh Sutarjo dari Rumah Sakit Permata Hijau Jakarta akan menghadapi sidang tuntutan terkait dugaan menghalangi proses penyidikan perkara korupsi e-KTP Setya Novanto.

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Ilham Oetama Marsis, SpOG, mengatakan tidak mau berkomentar banyak soal kasus yang dialami dr Bimanesh. Namun ia mengatakan proses sidang etika yang sedang dijalani dr Bimanesh dihentikan sementara.

"Saat ini Bima sedang dalam proses ya. Kalau untuk IDI, ketika ada dokter mengalami pengadilan pidana atau perdata, untuk sementara pengadilan etikanya kita setop. Kita tidak mau dokter menjalani 2 sidang sekaligus," ujar Prof Marsis, dalam diskusi di Hotel Aryaduta Jakarta, Jl Prajurit KKO Usman & Harun, Jakarta Pusat, Kamis (28/6/2018).

Prof Marsis mengatakan dr Bimanesh menjalani pengadilan etika terkait pelanggaran kode etik kedokteran. Dari 22 pasal pelanggaran kode etik kedokteran, dr Bimanesh dicurigai melanggar pasal soal kejujuran terhadap kondisi pasien.

"Dari kode etik kedokteran Indonesia, ada 22 pasal tentang masalah pelanggaran. Kita lihat saja, dokter harus berbicara jujur tentang masalah apa yang dihadapi pasien. Pasal tentang kejujuran ini bisa dituntut ke dr Bimanesh," tambahnya lagi.



"Tapi karena dia saat ini sedang dalam sidang pidana, maka untuk sementara kita setop dulu persidangan etikanya," tutup Prof Marsis.

dr Bimanesh akan menghadapi sidang tuntutannya siang ini. Dalam persidangan sebelumnya, dr Bimanesh mengaku salah saat ditanya alasan mengajukan justice collaborator.

"Saya memahami bahwa saya bersalah dalam hal saya percaya saja sama orang sehingga saya diperdaya hingga masuk tahanan KPK. Dalam hidup saya, saya baru kaget kali ini, 38 tahun saya jadi dokter kerja biasa saja, nggak ada masalah. Di ujung, saya sudah pensiun kok saya harus masuk tahanan, itu buat saya pukulan yang hebat," ucap Bimanesh, beberapa waktu lalu.

(mrs/up)
News Feed