Jumat, 29 Jun 2018 08:07 WIB

Musisi Rusia Ini Terjaga dan Bermain Flute Selama Otaknya Dioperasi

Luhtfiadesta Andiko Putrianti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sofia Pinaeva, seorang musisi dari Rusia, tetap terjaga dan bermain flute selama prosedur operasi otaknya berjalan. Prosedur operasi ini dilakukan di Rumah Sakit Universitas Graz, Austria.

Dikutip detikHealth dari nrz.de, para dokter yang mengerjakan operasi ini mengaku kalau ini adalah pertama kalinya ada konser mini di dalam ruang operasi. "Operasi terjaga (awake surgery) adalah salah satu kemungkinan untuk mengangkat tumor sebanyak mungkin tanpa harus mengorbankan fungsi otak pasien," jelas ketua tim bedah, Gord von Campe.


Dalam jenis operasi ini pasien diberikan anestesi umum yang akan membuatnya terjaga sampai dua jam. "Pada fase ini kami akan menguji bagaimana pasien bereaksi saat kami memberikan impuls elektrik. Dengan komunikasi langsung dengan pasien, kami dapat memeriksa fungsi-fungsi penting dari otak seperti bahasa," ujar dokter bedah syaraf.

Sebagai musisi dan fotografer, kemampuan motorik halus dan indera penglihatan itu penting untuk dipertahankan seutuhnya bagi wanita berumur 28 tahun ini.

Walaupun operasi sudah berlangsung satu tahun yang lalu, jumpa pers dan publikasi gambar dan video selama operasi diadakan setelah proses pemulihan Sofia.

Untungnya, proses operasi otak yang berjalan hampir enam jam ini tidak mengalami masalah. "Sempat ada kesalahan, aku memainkan nada yang salah," canda Sofia.

(Luhtfiadesta Andiko Putrianti/up)