Jumat, 29 Jun 2018 08:30 WIB

Suka Menelan Air Bekas Berkumur? Ini Kata Dokter

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Ada beberapa orang yang suka berkumur-kumur menggunakan air putih usai makan. Namun, bukannya dibuang, ada juga yang memutuskan untuk menelannya ke dalam mulut. Kamu juga termasuk di antaranya?

Kalau begitu mungkin kamu harus mendengarkan penjelasan atau membagikan informasi yang dijelaskan oleh drg Dedy Yudha Rismato, SpPerio, dari Rumah Sakit Pondok Indah yang satu ini.

"Kalau menurut saya sih sebaiknya dibuang," ujar dokter lulusan Pendidikan Spesialis Periodontitis Universitas Indonesia tersebut.

"Karena kalau kita kumur kan pasti ada kotorannya, itu logikanya. Ya mungkin dia lagi haus kali," candanya.


Namun kalau sudah terlanjur di telan bagaimana dong? Ya sudah enggak apa-apa ya guys, lain kali sebaiknya dibuang saja air bekas kumurnya.

Oh iya, drg Yudha juga menyarankan jika punya obat kumur sebaiknya menggunakan itu karena akan lebih efektif menghilangkan bakteri. Tapi enggak bisa asal lho menggunakannya.

"Ini yang paling sering kaprah ya, mau pakai obat kumur gimana caranya? Kumurin aja! Aduh, padahal maksudnya obat kumur itu ya oba yang tidak boleh diminum. Jadi sebenarnya obat kumur itu sebaiknya direndam," jelas drg Yudha.

Maksud dari kata direndam adalah tidak mengkumurnya tanpa henti, namun memberikan waktu sekian detik cairan obat kumur untuk berdiam pada titik-titik tertentu di dalam mulut.

Nah gimana nih, dapat pencerahan?



(ask/up)
News Feed