Sabtu, 30 Jun 2018 13:07 WIB

Sering Sendawa? Bisa Jadi Kamu Sedang Mengalami 4 Masalah Kesehatan Ini

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Sendawa bukan sekadar proses pelepasan gas usai makan. Pakar menyebut kondisi tubuh bisa terlihat dari seberapa sering sendawa terjadi. Foto: Thinkstock Sendawa bukan sekadar proses pelepasan gas usai makan. Pakar menyebut kondisi tubuh bisa terlihat dari seberapa sering sendawa terjadi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Sendawa bukan sekadar proses pelepasan gas dari perut ke kerongkongan. Pakar menyebut kondisi tubuh bisa terlihat dari seberapa sering sendawa terjadi.

Paul Berggreen, MD, pakar gastroenterologi dari Arizona Digestive Health, menyebut sendawa atau dalam bahasa medis disebut eruktasi merupakan tandanya adanya gas di usus. Nah, Paul mengatakan ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terlihat jika kamu sering bersendawa.

Apa saja? Dikutip dari Prevention, berikut 4 masalah kesehatan ditandai dengan sendawa:



1. GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau yang lazim disebut penyakit asam lambung merupakan kondisi masalah pencernaan di mana asam lambung naik ke kerongkongan.

"Jika Anda bersendawa disertai mual, mulas, atau ingin muntah, bisa saja Anda memiliki gastroesophageal reflux disease atau GERD," kata Paul.

2. Sinus

"Saat sinus kambuh, Anda jadi sulit bernapas dan cenderung bernapas lewat mulut. Nah, ini membuat tubuh menelan udara lebih banyak," tambah Paul.

Ketika sinus kambuh, tak ada salahnya Anda segera mengobatinya. Dengan begitu, risiko sulit bernapas termasuk sering sendawa akibat bernapas dari mulut juga bisa dihindari.

3. Makan terlalu cepat

Sendawa yang lebih sering dialami bisa jadi tanda bahwa Anda makan atau minum terlalu cepat. Hal ini dapat terjadi karena saat itu dilakukan, secara tidak sadar lebih banyak pula udara yang tertelan selama proses Anda makan.

"Penting bagi Anda untuk memperlambat kecepatan makan dan minum. Apalagi, makan buru-buru juga sudah dikaitkan dengan konsumsi kalori ekstra yang meningkatkan risiko obesitas," tuturnya lagi.

4. Minum soda

Setelah mengonsumsi soda, pernahkah dalam waktu beberapa menit kemudian Anda bersendawa? Ya, minuman berkarbonasi mengalirkan udara langsung ke perut. Nah, sendawa yang berasal dari perut, bukan dari kerongkongan, umumnya bersuara lebih kencang dan berbau.

Paul menjelaskan, minuman berkarbonasi biasanya menyebabkan gas keluar dari perut. Tapi, sendawa yang dihasilkan berbau lebih kuat dan rasa sodan yang dikonsumsi bisa masih terasa.

(mrs/wdw)
News Feed