Minggu, 01 Jul 2018 10:57 WIB

Cavani Alami Cedera Hamstring, Apa Bahayanya?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Alex Livesey/Getty Images Foto: Alex Livesey/Getty Images
Jakarta - Meski Edinson Cavani sukses kalahkan telak timnas Portugal di Piala Dunia 2018 dengan menyumbang dua gol, ia dikabarkan mengalami cedera hamstring hingga dikhawatirkan tak dapat bertanding lagi. Apa sebenarnya bahaya cedera ini?

"Cedera hamstring adalah cedera yang terjadi pada sekelompok otot yang terdapat di paha bagian belakang, yaitu semitendinosus, semimembranosus, biceps femoris. Fungsi otot-otot ini adalah untuk menekuk sendi lutut (knee flexion) dan meluruskan sendi panggul (hip extension)," terang okter spesialis bedah orthopedi dari Surabaya Knee Center, dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT, kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Cedera tersebut terjadi karena otot-otot mengalami beban kerja yang melebihi kapasitasnya (overload) atau karena merespons beban besar secara mendadak. Menurut dokter yang akrab disapa dr Ega ini lokasi cedera hamstring paling sering berada di pertengahan otot dan tempat pertemuan antara otot dan tendonnya.


Seseorang berisiko mengalami cedera hamstring apabila kurang melakukan pengkondisian sebelum bertanding sehingga hamstringnya tegang atau terjadi ketidakseimbangan antar otot. Cedera hamstring juga rentan terjadi pada otot yang mengalami kelelahan.

"Jenis cedera hamstring ini dapat berupa regangan atau tarikan (strain), robekan, hingga tercabutnya otot dari perlekatannya di tulang (avulsion injury). Cedera hamstring yang berat berupa robekan total (total rupture) atau avulsion injury menyebabkan atlet kehilangan fungsi otot hamstring yang mengalami cedera itu," lanjut dr Ega.

Dilansir Sports-health, ada bahaya mengintai jika seseorang yang mengalaminya terlalu terburu-buru untuk kembali berolahraga. Komplikasi dapat terjadi, yakni rekurensi cedera hingga membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama dan terjadinya tendinopathy hamstring kronis yang dapat menyebabkan rasa sakit yang cukup lama.

Belum diketahui seberapa parah cedera yang dialami Cavani. Tim Uruguay hanya bisa berharap striker andalannya itu bisa diturunkan pada pertandingan melawan Prancis di babak perempatfinal, Jumat (6/7/2018) nanti.

Jika jenis cedera dan tingkat derajat keparahan yang dialami oleh Cavani cukup tinggi, maka ia diharuskan untuk melakukan operasi pembedahan. Masa pemulihannya juga bervariasi, paling cepat 3 minggu hingga 6 bulan.

(frp/up)
News Feed