Minggu, 08 Jul 2018 09:09 WIB

Jordan Pickford Disebut Pendek, Berapa Tinggi Rata-rata Orang Inggris?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jordan Pickford (baju kuning) disebut pendek untuk ukuran kiper. Foto: Toru Hanai/Reuters Jordan Pickford (baju kuning) disebut pendek untuk ukuran kiper. Foto: Toru Hanai/Reuters
Jakarta - Kiper timnas Inggris Jordan Pickford jadi pahlawan dalam laga Piala Dunia 2018 Inggris versus Swedia. Uniknya, penyelamatan gemilang yang dilakukan Pickford memancing perdebatan soal tinggi badan sang kiper di media sosial.

Jordan Pickford memiliki tinggi badan 185 cm, jauh lebih pendek dari kiper timnas Belgia Thibaut Courtois yang memiliki tinggi 199 cm. Dua kiper tim semifinalis Piala Dunia 2018 lainnya, Hugo Lloris (Prancis) dan Danijel Subasic (Kroasia) juga lebih tinggi dari Pickford, dengan masing-masing memiliki tinggi badan 188 dan 191 cm.





Padahal jika ditelisik, tinggi badan Pickford tidak jauh berbeda dari tinggi badan rata-rata pemain timnas Inggris. Dilihat di situs resmi FIFA, tinggi badan rata-rata pemain timnas Inggris adalah 182,1 cm.

Di sisi lain, Pickford justru jauh lebih tinggi daripada kebanyakan masyarakat Inggris. Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal eLife, rata-rata tinggi pria di Inggris hanya 178 cm.

Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa orang-orang Inggris mengalami penambahan tinggi badan 11 cm dalam waktu 100 tahun. Penambahan tinggi badan ini diketahui tidak selalu berhubungan genetik, melainkan faktor lingkungan.

"Satu pertiga alasan mengapa rata-rata tinggi masyarakat bisa bertambah adalah faktor genetik. Tapi genetik tidak bisa berubah dengan cepat, dan variasinya sangat besar," ungkap peneliti Majid Ezzati dari Imperial College London, dikutip dari BBC.

"Sehingga faktor penentu paling besar adalah lingkungan. Sistem kesehatan, sanitasi, dan nutrisi yang baik, serta kewaspadaan soal kesehatan nutrisi ibu hamil merupakan faktor-faktor yang memengaruhi tinggi badan seseorang di suatu negara," tandasnya.

Kembali ke Pickford, bertubuh tinggi memang bisa jadi nilai plus bagi seorang kiper. Namun dalam olahraga sepak bola, kecepatan, refleks, kelincahan dan akurasi gerakan juga berperan dalam kepiawaian menjaga gawang.

Pickford juga tak terpengaruh oleh komentar soal tinggi badannya. Yang terpenting menurutnya adalah bermain secara baik dan mengantarkan timnas Inggris lolos ke babak selanjutnya.



"Saya merasa tangguh, tidak ada yang mengganggu saya. Saya hanya ingin jadi sebaik mungkin. Kritik tidak memengaruhi saya karena itu hanya akan membuat saya menjadi lebih baik," tegas Pickford, dikutip dari FIFA. (mrs/ask)
News Feed