Minggu, 08 Jul 2018 12:05 WIB

Ubah Diet Jadi Rahasia Ivan Rakitic Tokcer di Lapangan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Gelandang timnas Kroasia, Ivan Rakitic, mengaku perubahan diet yang dilakukannya jadi kunci meningkatkan performa di lapangan hijau. Foto: Lucy Nicholson/Reuters Gelandang timnas Kroasia, Ivan Rakitic, mengaku perubahan diet yang dilakukannya jadi kunci meningkatkan performa di lapangan hijau. Foto: Lucy Nicholson/Reuters
Jakarta - Gelandang timnas Kroasia, Ivan Rakitic, menjadi salah satu yang sukses memasukkan gol dalam drama adu pinalti antara Kroasia dan Rusia di Piala Dunia 2018.

Tak banyak yang tahu, Rakitic ternyata memiliki kondisi intoleransi gluten. Perubahan diet yang dilakukannya jadi kunci Rakitic meningkatkan performa di lapangan hijau.



"Sering kali usai pertandingan aku merasa tidak enak badan, kembung, dan tak bisa istirahat dengan baik," ujar Rakitic dikutip dari Marca.

"Pemeriksaan dilakukan, dan ternyata analisisnya menyebut aku mengalami penyakit celiac, dan aku tak bisa mengonsumsi gluten," tambahnya lagi.

Rakitic yang saat ini bermain di Barcelona pun langsung melakukan perubahan diet. Salah satunya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung gluten seperti gandum dan jelai.

Gluten sendiri merupakan protein yang umumnya aman dikonsumsi. Namun sebagian orang intoleran terhadap gluten, dan mengonsumsinya bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti yang dialami Rakitic.

Perubahan diet dengan tak mengonsumsi gandum ini terbukti baik bagi Rakitic. Performanya di lapangan bersama Barcelona meningkat, hingga ia akhirnya dipanggil untuk berlaga di Piala Dunia 2018 bersama timnas Kroasia.

"Setelah aku mengganti pola diet, aku bisa beristirahat dengan lebih baik, mencerna makan dengan lebih mudah, dan perutku pun tak lagi menyebabkan banyak masalah," tutupnya.




(mrs/ask)
News Feed