Senin, 09 Jul 2018 11:39 WIB

Agar Tak Makin Parah, Hindari Makanan Ini Saat Terkena Flu

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Pada saat musim hujan atau pancaroba, lingkungan yang lembap mendukung virus influenza atau flu bertahan hidup lebih lama. Hal ini menyebabkan virus flu lebih mudah menyerang tubuh, terutama pada saat daya tahan sedang lemah.

Menurut Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), gejala flu biasanya ditandai dengan pilek, demam, dan sakit kepala. Bahkan jika tidak ditangani dengan tepat, flu bisa menyebabkan komplikasi serius seperti infeksi bakteri.


Maka jika sudah terkena gejala flu, segeralah istirahat dengan cukup dan perhatikan asupan makanan sehari-hari. Dilansir dari Livestrong, sebaiknya penderita flu menghindari makanan manis karena gula membuat lendir bertahan lama di saluran pernapasan. Ini disebabkan lingkungannya hangat dan lembap sehingga virus pun nyaman berlama-lama di area ini.

Medical Manager PT Kalbe Farma dr Helmin Agustina Silalahi juga menyarankan agar mengindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin.

"Saat flu, hindari makanan dengan suhu ekstrim yaitu terlalu panas atau terlalu dingin, makanan yang digoreng, pedas, dan aroma yang terlalu tajam," ungkap dr. Helmin kepada detikHealth.

Sifat makanan tersebut terlalu ekstrem sehingga akan merangsang mukosa saluran nafas dan bisa merangsang refleks batuk serta inflamasi. Makanan yang terlalu manis juga sebaiknya dihindari tetapi tetap tergantung sensitifitas saluran nafasnya juga, bahkan dianjurkan memilih produk susu juga yang tidak terlalu manis.

"Makanan tersebut bisa merangsang mukosa saluran nafas jadi timbul inflamasi atau merangsang refleks batuk," ujar dr. Helmin.


Jika sudah terkena flu dan batuk, dr. Helmin menganjurkan sebaiknya istirahat secukupnya, makan makanan yang bergizi, dan minum obat sesuai indekasi dan dosis. Makanan bergizi yang baik yaitu makanan menu seimbang sesuai anjuran piramida makanan. Bukan hanya jenis, tapi jumlahnya harus sesuai anjuran.

Selain itu, agar flu tidak semakin parah konsumsi Procold Flu dan Procold Flu Batuk. Dosisnya pas, tidak berlebihan, dan efektif untuk mengatasi flu. Kandungan Phenylephrine Hcl yang berfungsi untuk melegakan hidung tersumbat dalam Procold Flu Batuk lebih aman dibandingkan dengan Pseudoefedrin Hcl. Faktanya, seudoefedrin Hcl mempunyai efek sama seperti obat psikotropika sehingga penggunaannya tidak boleh berlebihan. (ega/up)
News Feed