Rabu, 11 Jul 2018 13:00 WIB

Ugh! Umur Semakin Tua dan Napas Semakin Bau, Kenapa Ya?

Luthfiadesta Andiko Putranti - detikHealth
Bau napas antara lain disebabkan oleh kebersihan mulut yang kurang terjaga (Foto: Getty Images) Bau napas antara lain disebabkan oleh kebersihan mulut yang kurang terjaga (Foto: Getty Images)
Jakarta - Semua orang pasti pernah memiliki bau napas yang tidak sedap dari waktu ke waktu. Tapi baunya, yang secara teknis disebut halitosis, bisa bertambah kuat pada ketika menginjak umur tertentu. Lalu muncul pertanyaan: Apa napas yang bau adalah efek yang tidak bisa dihindari dari berumur panjang?

Dikutip dari Health, juru bicara American Dental Association, Judith A. Jones, DDS, MPH, mengatakan kalau napas bau tidak selalu disebabkan langsung dari pertambahan umur, melainkan kesehatan mulut.

"Kesehatan mulut adalah masalah bagi orang tua karena disebabkan oleh masalah kesehatan yang diderita," ujar profesor dari University of Detroit Mercy School of Dentistry.



Sakit seperti arthritis yang umumnya dialami orang di atas 65 tahun, mempengaruhi kemampuannya untuk menyikat gigi. Sehingga plak dan bakteri menumpuk, dan membuat napas bau dan penyakit mulut lainnya.

Penyakit seperti Alzheimer atau Parkinson yang menyerang koordinasi tubuh juga menyebabkan orang tua susah menggosok giginya. Saat mereka bergantung kepada orang lain, seperti perawat, kebersihan mulut mulai dilupakan.

Mulut mereka juga biasanya kering, yang bisa menyebabkan bau napas yang buruk. Berkurangnya produksi air liur membuat partikel makanan dan bakteri menetap di gigi dan gusi, dan kemudian menimbulkan bau yang tidak sedap. Mulut kering dapat disebabkan oleh dehidrasi, dan rasa haus akan berkurang saat kita bertambah tua.

Mulut yang kering juga bisa disebabkan oleh konsumsi dari beberapa obat-obatan. Ketika kita bertambah tua, bertambah juga penyakit yang kita derita dan beberapa obat itu bisa menyebabkan mulut kita kering.

Terakhir, jika mereka menggunakan gigi palsu atau alat dental lainnya, maka alat-alat itu perlu dibersihkan lebih sering. Saat mereka tidak dibersihkan dengan benar, maka sisa makanan dan plak bisa berkumpul di alat-alat itu dan menyebabkan bau mulut.

Dr Jones mengingatkan untuk rajin membersihkan gigi pada orang tua, dan bila mereka sudah tidak mampu, maka bantu mereka atau pekerjakan orang yang dapat membantu. Ingat juga, jika bau mulut tetap tidak hilang, maka periksakan ke dokter. Bisa jadi penyebabnya adalah masalah di lambung atau infeksi sinus.

(up/up)
News Feed