Rabu, 11 Jul 2018 17:25 WIB

Dokter Sarankan Pengidap Kanker Otot di Purworejo Dirujuk ke RS Dharmais

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Jakarta - Seorang bocah laki-laki berusia 10 tahun di Purworejo, Jawa Tengah terdiagnosis kanker otot pada bagian punggung sebelah kiri. Bernama Fatkhur Kurniawan, benjolan di punggungnya semakin hari semakin membesar hingga lebih besar dari bola.

Menanggapi kondisi Fatkhur, Dr dr Nugroho Prayogo, SpPD, KHOM, dokter bedah onkolog RS Kanker Dharmais menyarankan agar Fatkhur dirujuk ke Rumah Sakit Kanker Dharmais supaya dapat segera ditangani dan diobati.

"Bawa ke Dharmais. Gratis, cuma butuh biaya transportasi aja ke sini," ujar dr Nugroho saat ditemui detikHealth di kawasan Kuningan,Jakarta Selatan, Rabu (11/7/2018).Menurut American Cancer Society, kanker otot atau Rhabdomyosarcoma (RMS) adalah sebuah kanker yang terbuat dari sel-sel yang normalnya berkembang dalam otot-otot tulang. Benjolan di tubuh Fatkhur muncul saat ia terjatuh dari sepeda dan justru makin membesar setelah ia menjalani operasi pengangkatan tumor.

Kini ia hanya bisa berdiam diri di atas kasur yang digelar di atas lantai ruang tengah dan tidak bisa beraktivitas seperti anak pada umumnya sejak setahun lalu. Berbagai usaha sudah dilakukan baik medis maupun alternatif demi kesembuhannya, namun tiada hasil.

"Sudah dilakukan kemoterapi sebanyak 37 kali, tetapi benjolan semakin membesar mungkin sekarang berat benjolan lebih dari 5 kg, terus muncul benjolan baru di daerah leher yang menyebabkan anak saya sesekali sesak nafas," kata Slamet, ayah Fatkhur, dikutip dari detikNews.
(frp/up)
News Feed