Kamis, 12 Jul 2018 11:00 WIB

Tim Sepak Bola Terjebak di Gua Thailand, Berat Turun Tapi Baik-Baik Saja

Luthfiadesta Andiko Putranti - detikHealth
Kondisi para remaja yang sempat terjebak di dalam gua di Thailand (Dok. Gov Public Relations Department (PRD) and Gov Spokesman Bureau via REUTERS) Kondisi para remaja yang sempat terjebak di dalam gua di Thailand (Dok. Gov Public Relations Department (PRD) and Gov Spokesman Bureau via REUTERS)
Jakarta - Setelah terjebak di dalam gua Thailand selama hampir 2 pekan, 12 pemain sepak bola remaja diberikan perawatan di rumah sakit selama seminggu. Para dokter yang merawatnya mengatakan kalau mereka dalam 'keadaan mental yang sangat baik'.

"Tidak perlu khawatir tentang kesehatan fisik mereka, apalagi kesehatan mentalnya," ujar Chaiwetch Thanapaisal, direktur Chiang Rai Prachanukroh Hospital, seperti dikutip dari DW.

Kebanyakan dari 12 laki-laki dari tim sepakbola itu kehilangan rata-rata 2 kilogram selama mereka terjebak di dalam gua. Tapi secara umum kesehatan mereka baik-baik saja.

"Mungkin karena mereka menghabiskan waktu bersama sebagai satu tim dan saling membantu satu sama lainnya selama terjebak," tutur salah satu perawat.



Empat laki-laki yang keluar dari gua pada hari minggu sudah dapat mengonsumsi makanan yang normal dan sudah bisa berjalan-jalan. Sementara empat laki-laki lainnya yang diselamatkan pada hari senin masih hanya mengonsumsi makanan lunak.

Orang tua mereka sudah boleh menjenguk mereka tapi dengan menggunakan baju pelindung dan berdiri paling tidak 2 meter dari anak-anak mereka.

Grup terakhir yang diselamatkan pada hari selasa terdiri dari empat remaja dan pelatihnya mengidap infeksi paru-paru ringan. Ternyata dua grup pertama yang diselamatkan juga terkena infeksi yang sama.

Tim sepak bola ini akan tetap dirawat di rumah sakit sampai seminggu ke depan untuk dipantau kesehatannya. Karena ini, mereka tidak dapat menghadiri undangan menonton final Piala Dunia 2018 di Moskow.

(up/up)
News Feed