Kamis, 12 Jul 2018 15:00 WIB

Studi: Racun Platipus Diklaim Dapat Melawan Diabetes

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Diabetes tipe 2 banyak dikaitkan dengan gaya hidup tidak sehat (Foto: thinkstock) Diabetes tipe 2 banyak dikaitkan dengan gaya hidup tidak sehat (Foto: thinkstock)
Jakarta - Beberapa waktu lalu santer pemberitaan mengenai khasiat luar biasa dari racun kalajengking untuk kesehatan. Baru-baru ini, seorang peneliti asal Australia menemukan bahwa racun pada platipus dapat melawan penyakit diabetes tipe 2.

Platipus adalah hewan mamalia bertelur yang memiliki paruh dan kaki mirip bebek yang banyak berada di Australia. Racun platipus didapatkan dari jantan yang memiliki sengat di tumitnya, umumnya digunakan untuk melumpuhkan hewan-hewan kecil.

Racun tersebut mengandung sebuah hormon metabolik yang dapat membantu pankreas memproduksi insulin dan menurunkan level glukosa darah, bernama GLP-1 atau glucagon-like peptide-1. Normalnya hormon ini disekresi di pencernaan baik manusia dan hewan, akan tetapi pada manusia hormon ini cepat menurun.



Namun pada platipus, ada rangkaian yang menunjukkan bahwa hormon tersebut berlaku sebaliknya. Hal ini mengejutkan karena biasanya pada mamalia lain ditemukan bahwa rangkaiannya sama saja seperti manusia.

"Kami berharap evolusi ratusan tahun telah menyempurnakan molekul ini. Yang kita harapkan (racunnya) dapat bermanfaat bagi konteks penyakit ini," tutur sang peneliti, Frank Grutzner, PhD, dikutip dari Health Line.

Penyakit diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit yang lebih sering ditemukan pada pengidap diabetes. Secara umum, mereka kesulitan untuk memproduksi insulin yang berakibat tingginya glukosa atau gula dalam darah.

(frp/up)
News Feed