Jumat, 13 Jul 2018 12:15 WIB

Pengidap Diabetes Ingin Makan Mangga? Cek Batas Asupan Maksimalnya

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Pasien diabetes mau makan mangga? Perhatikan hal berikut ya. Foto: iStock Pasien diabetes mau makan mangga? Perhatikan hal berikut ya. Foto: iStock
Jakarta - Memiliki rasa manis dan enak, buah mangga disukai oleh semua kalangan. Namun muncul kekhawatiran bagi pengidap diabetes yang konsumsi asupan manisnya harus dibatas, bolehkah makan mangga?

dr Anil Bhoraskar, pakar diabetes senior dari SL Raheja Hospital, India, mengatakan pengidap diabetes boleh-boleh saja makan mangga. Hanya patut diingat, karena sifat buah mangga yang manis, asupannya pun harus dibatasi.


"Pasien diabetes boleh makan setengah buah mangga per hari. Meski begitu, hindari jus. Lalu, berikan waktu satu jam antara makan besar dengan mengonsumsi mangga," ujar Anil, dikutip dari Indian Express.

dr Rinki Kumari, pakar diet dari Fortis Hospital, mengatakan mangga sendiri merupakan buah dengan banyak kandungan nutrisi. Mangga mengandung serat yang cukup, vitamin A, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, dan lain-lain.

Mangga tak hanya tinggi serta namun juga antioksidan. Beberapa antioksidan yang ada di dalam mangga antara lain zeaxanthin, quercetin, astragalin, dan beta-karoten yang membantu fungsi otak.

Meski begitu, Anil menyebut ada baiknya bagi pengidap diabetes untuk mengecek kadar gula darah sebelum makan mangga. Jika kadar gula sedang tinggi atau di atas 25 persen, sebaiknya hindari dulu konsumsinya.

"Setiap orang punya respons yang berbeda terhadap makanan yang dikonsumsinya. Mengonsumsi mangga bisa tidak memberikan dampak apa-apa pada seseorang, namun bisa juga memberikan dampak berbeda pada orang lain," tutupnya.

(mrs/ask)
News Feed