Minggu, 15 Jul 2018 09:15 WIB

Kebiasaan Minum Kopi Bisa Jadi Pemicu Mag Kambuh

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Kini kebiasaan minum kopi telah menjadi tren gaya hidup yang diminati banyak orang. Apalagi makin banyak kedai kopi yang menyajikan ragam variasi menu.

Pasalnya, minum kopi terutama saat pagi hari diyakini bisa menambah fokus dan membuat tubuh lebih segar sebelum beraktivitas karena mengandung kafein. Meskipun begitu, konsumi kopi tetap harus dibatasi karena bisa memberikan efek buruk terhadap kesehatan.


Efek buruk dari kopi juga tentu berlaku bagi penderita mag. Kopi merupakan salah satu penyebab naiknya asam lambung dan membuat sakit mag sulit untuk diredam karena kandungan kafein. Bahkan jika terlalu sering meminum kopi, dinding lambung akan mengalami iritasi dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman serta nyeri pada tukak lambung.


Dilansir dari Livestrong, kopi mengandung banyak kafein sehingga bisa menambah sakit mag. Sebagai kandungan dalam kopi dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi asam lambung. Untuk menghindari risiko tersebut, batasi konsumsi kopi per harinya.

Namun jika mag sudah terlanjur kambuh, segera konsumsi obat pereda sakit mag seperti Promag yang mengandung hydrotalcite untuk mengatasi sakit mag dengan cepat dan melindungi lambung lebih lama. (ega/up)